no comments

Beasiswa S2 dan S3 PMDSU 2016-2017

Beasiswa-id.net- Halo sahabat beasiswa-id, kali ini kita akan memberikan informasi tentang beasiswa S2 dan S3 PMDSU tahun 2016-2017. Apa itu beasiswa PMDSU? Jika kalian belum mengenalnya, saya akan menjelaskan secara sederhana. Silahkan Baca penjelasan dibawah ini:

Baca ” Beasiswa PMDSU

Program beasiswa ini dikenal dengan Beasiswa Pendididikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul atau yang disingkat dengan Beasiswa PMDSU.

Apa sih yang menjadi dasar diberikannya beasiswa untuk mahasiswa S2 dan S3? Berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh dikti selaku pemberi beasiswa, yang menjadi dasar adalah kurangnya tenanga dosen yang merupakan lulusan S3. Berdasarkan data yang saya kutip dari pedoman beasiswa PMDSU menyebutkan bahwa sampai akhir tahun 2013, tenaga dosen tetap yang tercatat di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah 154.968 dosen dengan komposisi kualifikasi akademis sebanyak 54% setara magister (S2), 11% doktor (S3) dan 36% sarjana atau diploma. Pada tahun 2015, jumlah dosen di perguruan tinggi dengan kualifikasi S3 sebanyak 23.000 orang, dan ditargetkan meningkat menjadi 41.500 orang pada tahun 2019, atau meningkat sebanyak 3.700 orang per tahun (Renstra Kemenristekdikti 2015-2019).

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai target yang diamanahkan oleh undang-undang, masih sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kualifikasi akademik dosen ke tingkat doktor (S3) sehingga memenuhi kualifikasi untuk mengajar di program pascasarjana. Berarti ini kesempatan emas buat anda loh?

Mengapa ini kesempatan emas buat anda? Berikut akan saya jelaskan. Sebelum tahun 2011, bahwa seseorang yang akan menerima beasiswa pendidikan program pascasarjana atau yang dikenal dengan BPPS adalah seseorang yang Persyaratan calon penerima BPPS yang mengharuskan dosen berstatus tetap dengan jabatan fungsional minimal asisten ahli.

Berdasarkan hal tersebut, sangat sedikit peminat beasiswa BPPS tersebut. Sejak tahun 2011 kesempatan penerima BPPS telah diperluas dengan memberi kesempatan bagi dosen tetap yang belum memiliki jabatan fungsional asisten ahli untuk memperoleh BPPS. Pada tahun ini juga skema peningkatan sumber daya manusia di perguruan tinggi
diperluas untuk calon dosen yang pada tahap awal diberi nama Beasiswa Unggulan. Hal ini penting dilakukan mengingat perguruan tinggi memiliki kader-kader yang berminat menjadi dosen tetapi yang bersangkutan belum memiliki akses untuk pendidikan lanjut. Namun hal ini tidak juga menutupi jumlah kekurangan tenaga dosen lulusan S2 dan S3.

Oleh karena itu, pada tahun 2012 telah dibuka koridor baru penyelenggaraan pendidikan doktor yang dinamakan Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Dimana anda yang baru lulus S1 dengan prestasi akademik yang bagus berkesempatan untuk mengikuti beasiswa tersebut. Anda tidak lagi diawajibkan sudah menjadi dosen di suatu lingkungan Universitas. Kesempatan emas bukan jika anda ingin menjadi dosen dikemudian hari.

Selain itu juga anda berkesempatan mendapat gelar doktor dengan menempuh kuliah 4 tahun. Karena Beasiswa ini mengembangkan skema pendidikan bagi para Calon Dosen untuk menyelesaikan studi S2 dan S3 hanya dalam waktu 4 tahun. Durasi 4 tahun ini jauh lebih cepat dari masa studi normal yang mencapai 6-8 tahun.

Keuntungan Yang di dapatkan:

Selain keuntungan diatas, ada banyak lagi keuntungan yang akan anda dapatkan diantaranya Pembiayaan beasiswa PMDSU di antaranya meliputi biaya riset di kelompok peneliti/promotor (maksimum Rp 60 juta/per tahun), outsourcing fasilitas riset di dalam dan luar negeri, biaya seminar, biaya pendidikan (SPP/UKT), biaya hidup dan tunjangan mahasiswa, dan biaya administrasi.

Universitas Penyelenggara PMDSU

Lalu, universitas mana saja yang akan menjadi penyelengara beasiswa tersebut? Pada tahun sebelumnya terdapat beberapa univeristas diantaranya Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Sumatera Utara namun pada tahun 2016-2017 ada sekitar 26 Universitas terbaik di Bangsa kita yang menyelenggarakan program beasiswa untuk lulusan sarjana (S1) terbaik (fresh graduate) di negara ini.

Persyaratan Beasiswa PMDSU

Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa PMDSU? Berikut ini adalah persyaratan yang harus anda penuhi.

  1. Lulus S1 dalam tiga tahun terakhir
  2. Memiliki IPK minimum 3.25
  3. Mendaftar secara online melalui beasiswa.dikti.go.id/pmdsu

Update: Pendaftaran PMDSU di Unbraw masih dibuka, cek disini http://goo.gl/QHl6nO

MAU DIKIRIMI INFO BEASISWA TERBARU,SECARA GRATIS!!:
*Tolong cek kotak masuk email anda, dan klik link konfirmasi yang kami kirimkan agar secara otomatis kami bisa mengirimkan info beasiswa terbaru kepada anda*