Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Pengkajian Islam

Setelah banyak membahas beasiswa S1 di kesempatan lalu, kali ini tim beasiswa-id.net akan membahas mengenai info Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lebih khususnya di Program Studi Pengkajian Islam. Di tahun 2017 – 2018 ini, pihak penyelenggara kembali membuka pendaftaran bagi peminat beasiswa Universitas Islam di Jakarta. Selain mendanai beasiswa kemenag 2017, serta program diktis kemenag, Kementrian Agama juga memberi bantuan dana beasiswa pascasarjana UIN Jakarta. Program beasiswa bagi mahasiswa S2 tersebut didanai oleh UIN Syarif Hidayatullah yang bekerja sama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia dan diberikan kepada seluruh alumni Universitas Islam baik yang berbasis negeri ataupun swasta di Indonesia. Bagi kakak kakak yang berminat untuk menjadi penerima beasiswa pascasarjana UIN Jakarta ini, dapat memilih salah satu dari konsentrasi studi yang diberikan oleh panitia, diantara konsentrasi studi yang diberikan ialah :

  • Hukum Islam,
  • Pemikiran Islam,
  • Sejarah Kebudayaan Islam,
  • Tafsir Hadits.

Baca Pula Beasiswa Kementrian Agama 2017

Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mekanisme Seleksi Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Beasiswa dalam negeri ini diberikan kepada mahasiswa pascasarjana tingkat S2 sebanyak 15 hingga 20 mahasiswa. Seluruh pendaftar beasiswa S2 ini akan diseleksi melalui beberapa tahapan, yaitu :

  • Seleksi Administrasi,
  • Seleksi Tulis, serta
  • Seleksi Wawancara

 

Pembiayaan Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bantuan biaya kuliah UIN Jakata yang diberikan bagi penerima Beasiswa S2 ini adalah sebagai berikut :

  1. Tuition Fee (Uang SPP hingga Semester 4 atau 2 tahun),
  2. Tunjangan Biaya Hidup (Living Cost hingga Semester 4 atau 2 tahun), dan
  3. Bantuan Biaya Penelitian Tesis

 

Syarat Pendaftaran Beasiswa Pengkajian Islam UIN Jakarta

Berikut merupakan persyaratan administrasi yang harus dilengkapi pendaftar untuk menjadi penerima beasiswa S2 tersebut.

  1. Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing sebanyak 2 lembar.
  2. Fotokopi KTP/SIM/Paspor serta Visa yang masih berlaku.
  3. Fotokopi ijazah (SD, SMP, dan SMA atau yang sederajat dengan Sekolah tersebut)
  4. Fotokopi ijazah Sarjana S1 (harus merupakan lulusan tahun 2017, 2016, atau 2015) dari Program Studi yang diakui oleh panitia penerimaan beasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah serta program studi tersebut harus sudah terakreditasi dan mendapat legalisasi dari pejabat yang berwenang.
  5. Fotokopi Sertifikat Perolehan atau SK mengenai status akreditasi program studi dan institusi terkait, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau dari lembaga kredibel lainnya tingkat internasional.
  6. Memiliki IPK minimal 3,25 atau Jayyid dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi transkrip nilai.
  7. Daftar Riwayat Hidup serta daftar penulisan karya ilmiah yang telah dipublikasikan.
  8. Surat Rekomendasi yang berasal dari dua instansi dan/atau orang yang memiliki kualifikasi untuk menilai kompetensi akademik bagi calon mahasiswa yang mendaftar.
  9. Mendapat izin dari instansi tempat pendaftar bekerja dibuktikan dengan surat izin kerja dari instansi terkait (bagi yang sudah bekerja).
  10. Melampirkan Surat Sehat dari dokter yang berwenang.
  11. Melampirkan proposal tesis dengan panjang minimal 15 halaman sebanyak 3 rangkap dengan ukuran B5.
  12. Surat Pernyataan berisi kesanggupan pendaftar untuk mentaati seluruh ketentuan yang sudah dan akan ditetapkan oleh Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta (dibuat sendiri).

 

Beasiswa Kemenag

Beasiswa Kemenag

Cara Mendaftar Beasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pendaftaran Online

Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online dengan mendaftar pada web resmi beasiswa S2 UIN Jakarta di link: spmb.uinjkt.ac.id :. Bagi pendaftar beasiswa, jangan lupa untuk membaca petunjuk pendaftaran SPMB Online sesuai yang telah ditetapkan oleh panitia melalui link berikut : Buku Petunjuk Pendaftaran (PDF) : Pendaftaran online ini dibatasi hingga tanggal 20 juli 2017.

Seleksi Tes Tulis serta Wawancara

Setelah melengkapi berkas yang diminta, maka akan diadakan seleksi administratif. Setelah seleksi administratif selesai, maka akan diadakan seleksi ujian tulis. Pada seleksi ujian tulis ini, pelaksanaan akan diadakan pada tanggal 25 serta 26 Juli 2017. Untuk materi yang akan diujikan pada ujian tulis tersebut adalah sebagai berikut :

  • TPA atau Tes Potensi Akademik (tulis),
  • Tes Bahasa Inggris dan Arab (Reading Comprehension, TOEFL, serta TOAFL), serta
  • Memiliki wawasan yang tinggi mengenai isi dari proposal Tesis (Tes lisan dan wawancara).

Untuk info lengkapnya dapat melihat do website resmi beasiswa s2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di web : graduate.uinjkt.ac.id :.

Leave a Reply

error: Content is protected !!