Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gajah Mada (UGM)

Beasiswa-id.net| Siapa yang tidak mengetahui dan mendengar tentang Universitas Gajah Mada. Universitas Gajah Mada atau yang disingkat dengan UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Bangsa kita. Kampus UGM terletak di Yogyakarta yang juga merupakan universitas pertama yang didirikan olehPemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Pada awal berdirinya, UGM atau Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, Namun perlu anda ketahu sekarang bahwa UGM sudah memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi.

Sebagai salah satu Universitas terbaik di negeri ini, UGM memiliki visi kedepan sebagai kampus yang memiliki kulaitas yang baik. Visi UGM sebagai berikut Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Untuk mengejar visi tersebut dilakukan upaya daya dan semuanya yang tertuang dalam misi UGM yaitu Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

Makna Lambang Universitas Gajah Mada

Lambang UGM

Berdasarkan penelurusan kami tentang lambang UGM maka kami bisa memberikan penjelasan yang kami kutip dari laman resmi UGM tentang makna Lambang UGM. Pusat lambang anda akan menemukan bentuk surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan sinar. Setiap kesatuan kumpulan sinar terdiri dari sembilan belas sorot sinar.

Secara kasat mata, lambang dari UGM itu sendiri pada surya dan sinar seperti yang disebutkan diatas berwarna kuning emas; Dua lingkaran di tengah-tengah matahari. Lingkaran bagian dalam memuat huruf-huruf menyembul berbunyi GADJAH MADA. Lingkaran bagian luar memuat tulisan UNIVERSITAS pada bagian atasnya dan tulisan JOGJAKARTA pada bagian bawahnya.

Pada lambang dilindungi oleh lima songkok bewarna putih, yaitu topi kebesaran panglima. Di antara songkok-songkok tersebut terdapat lima tombak bewarna kuning. Sedangkan arti dari lambang tersebut di atas bisa diuraikan dalam enam bagian, yaitu: Surya dengan sinarnya dan kartika bersegi lima berwarna kuning emas melambangkan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah Universitas Pancasila, Lembaga Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi Pendidikan Tinggi berdasarkan Pancasila, yang memancarkan ilmu pengetahuan. kenyataan dan kebajikan. Titik pusat lambang berupa matahari berlubang atau “surya binolong”. Kata “surya” mengandung makna angka “satu” dan “binolong” mengandung makna angka “sembilan”, sehingga bentuk “surya binolong” atau matahari berlubang mengandung makna “satu” dan “sembilan”, yang bisa dibaca 19. Setiap kesatuan kumpulan sinar pun terdiri atas sembilan belas sorot sinar, yang juga mengandung makna angka 19, tanggal pendirian UGM. Dua bentuk lingkaran bersusun yang melingkari lubang titik pusat lambang di dalam lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk bintang segi lima, yang serupa dengan surya kembar di dalam Kartika atau Bintang. Kartika me. ngandung makna “satu” dan surya kembar mengandung makna “dua”, sehingga bentuk surya kembar ini mengandung makna angka satu dan “dua”, yang bisa dibaca 12. Angka 12 ini adalah nomor bulan Desember, bulan pendirian UGM. Songkok dan Tombak masing-masing berjumlah lima melingkungi Surya dan Kartika, melambangkan sifat pahlawan dan perjilangan nasional UGM yang selalu siap sedia dan waspada. Keseluruhannya diliputi dan diresapi Pancasila, kesemuanya itu melambangkan sifat UGM sebagai monumen perjuangan Pancasila berdasarkan Pancasila. Kesatuan kumpulan Sinar, Segi Kartika, Songkok, dan Tombak, masing-masing berjumlah 5 (lima). Semuanya melambangkan Pancasila, sehingga UGM memiliki dasar, sifat, dan tujuan, hakekat pahlawan serta perjuangan nasional demi Pancasila. Warna putih melambangkan sifat Kesucian. Warna kuning emas melingkari warna putih pada hakekatnya merupakan satu “sengkalan memet”, yaitu rumusan kata-kata yang menyiratkan pertalian makna warna putih dan warna kuning emas, yang berbunyi: murnining suci margin kanyatan atau kemurnian kesucian adalah j alan kenyataan. Katimat ini melambangkan angka tahun 1949, yaitu tahun pendirian UGM. Kata “Murni” mengandung angka 9; “Suci”dilambangkan angka 4; ” Marga” dilambangkan angka 9, sedangkan “kenyataan” dilambangkan angka 1. Semua ini,bila dibaca dari belakang, mempunyai nilai 1949. Uraian di atas melukiskan betapa kompleksnya makna lambang UGM, sesuatu yang tidak mudah untuk diingat.

Bagaimana dengan sumber daya manusia yang dimiliki kampus tersebut? Jangan anda ragukan lagi tentang sumber daya manusia jika anda ingin melanjutkan studi di UGM sebagai mahasiswa baru untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru ya. Perlu anda ketahui, saat ini UGM memiliki 7580 pegawai dimana 2049 diantaranya adalah dosen. Guru besar aktif yang dimiliki UGM adalah 339 serta dosen kualifikasi s3 1192. Bagaimana sungguh mantap bukan.

 

Comments (7)

  1. FEBRI 03/05/2017
    • Admin 07/05/2017
  2. Brigita 19/05/2017
    • Admin 21/05/2017
    • Admin 23/05/2017
  3. iza 21/05/2017
    • Admin 23/05/2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!