Syarat Beasiswa LPDP Tesis Terbaru

Syarat beasiswa lpdp disesuaikan dengan program yang di ambil, termasuk Syarat Beasiswa LPDP Tesis dan Desertasi. Info Beasiswa LPDP program Tesis atau Desertasi diumumkan pada website resminya di laman http://lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-tesis-disertasi. Dalam website beasiswa lpdp tesis menyebutkan bahwa beasiswa S2 program desertasi dibuka untuk seluluh mahasiswa S2. Beasiswa luar negeri ataupun beasiswa dalam negeri bisa diambil sesuai kebutuhan pendaftar. Untuk waktu pendaftarannya dibuka sepanjang tahun, sehingga pendaftar bisa mendaftar kapanpun, serta memiliki banyak waktu untuk melengkapi persyaratan beasiswa lpdp tesis yang diminta.

 

Apa itu Beasiswa LPDP ?

beasiswa lpdp magister doktor 2017

beasiswa lpdp magister doktor 2017

Beasiswa LPDP atau biasa disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan program yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa LPDP bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan di seluruh bidang. Program LPDP ini hadir sebagai penanggung jawab dana Pendidikan antar generasi, dimana fokus utamanya berupa pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Fokus utama LPDP berada di berbagai bidang studi yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Untuk prodi prioritas antara lain; teknik, keuangan, kedokteran, agama, sains, pertanian, hukum, ekonomi, serta sosial-budaya.

Beasiswa LPDP terbagi menjadi 5 program, antara lain : Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Program Spesialis, Presidential Scholarship, serta Beasiswa Tesis dan Desertasi.

 

Lalu Apa Beasiswa Tesis dan Desertasi ?

Beasiswa Tesis atau Disertasi merupakan salah satu program beasiswa LPDP yang ditujukan bagi mahasiswa Magister atau Doktoral. Sasarannya bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis ataupun disertasinya. Selain itu beasiswa lpdp ditujukan bagi universitas dalam maupun luar negeri. Untuk tujuan utama program ini ialah untuk membantu dan memperepat lulusan Magister atau Doktoral berkualitas yang harapan kedepannya dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi nusantara.

Bantuan Beasiswa Tesis sendiri diprioritaskan untuk mahasiswa program magister berbasis-riset (research based). Untuk sasaran utama dalam Beasiswa S2 ini ialah mahasiswa yang memiliki topik penelitian yang bagus dan mampu membuat perkembangan ilmu pengetahuan di nusantara.

 

Syarat Beasiswa LPDP Tesis

Persyaratan Pendaftar Beasiswa LPDP Tesis

Berikut syarat pendaftaran beasiswa tesis lpdp yang harus dilengkapi pendaftar :

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) yang saat ini sedang menyelesaikan tesis atau disertasi.
  2. Usia maksimal pendaftar pada 31 Desember tahun pendaftaran sesuai ketentuan :
  • Maksimal berumur 45 tahun untuk Beasiswa Tesis.
  • Maksimal berumur 50 tahun bagi Pendaftar program Beasiswa Disertasi.
  1. Kriteria Perguruan Tinggi dan Program Studi pendaftar harus memenuhi kriteria berikut:
  • Perguruan Tinggi dalam negeri : Memiliki akreditasi yang disahkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diakui oleh Pemerintah Indonesia.
  • Perguruan tinggi di luar negeri : Memiliki kategori baik sesuai dengan daftar yang dimiliki Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jika tidak, maka Universitas pendaftar harus sudah berkerjasama dengan LPDP.
  1. Memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dengan ketentuan :
  • Batas minimum 3,5, (skala 4) untuk program studi Doktoral.
  1. Memberikan surat pernyatakan lulus ujian atau seminar proposal oleh pimpinan program pascasarjana atau yang sejenis.
  2. Menyertakan surat rekomendasi mendaftar beasiswa LPDP dari unsur pimpinan Pascasarjana atau Fakultas.
  3. Judul penelitian dan bidang kajian bersifat unggulan dan/atau prioritas tematik pemerintah sesuai dengan visi dan misi LPDP dan bidang ilmu yang menjadi fokus LPDP sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Utama LPDP tentang Beasiswa LPDP.
  4. Tidak sedang dan tidak akan menerima Beasiswa Tesis dan Disertasi atau beasiswa pendidikan yang terdapat komponen bantuan riset dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Tidak sedang menerima jenis Beasiswa LPDP lainnya atau penerima beasiswa dari sumber lainnya yang memberikan komponen pendanaan penelitian untuk tesis atau disertasi.

Diantara persyaratan yang lain, juga diharuskan membuat dan menyertakan RAB Beasiswa Tesis LPDP. Berikut contoh RAB beasiswa Tesis LPDP Terbaru.

 

Kesimpulan

Termakasih telah membaca informasi mengenai Syarat Beasiswa Tesis LPDP, stay tune di beasiswa-id.net untuk mendapat info beasiswa terbaru.

Leave a Reply

error: Content is protected !!