Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaftar Beasiswa?

Beasiswa-id.net- Hai sahabat beasiswa-id, kali ini kita akan membahas tentang satu pertanyaan yaitu Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaftar Beasiswa? Pertanyaan ini mungkin ada dibenak anda juga? Pertanyaan ini di sampaikan ke saya melalui email oleh sahabat dari Mataram. Adik satu ini memiliki persiapan yang matang menurut saya.

Sahabat kita ini sudah lulus S1 dengan IPK yang besar dan sedang menunggu persiapan wisuda bulan Agustus. Dia menanyakan melalui email ke saya, Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaftar Beasiswa S2? Sebenarnya secara garis besar sudah saya jelaskan dalam postingan saya beberapa hari yang lalu. Bagi yang belum membaca silahkan membaca di sini:

Silahkan baca Tips Mendaftar Beasiswa

Apa saja sih yang harus anda persiapkan untuk mendaftar sebuah beasiswa terlebih S2 dan S3? Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda pertimbangkan dalam mendaftar beasiswa.

1.Kuliah Dalam atau Luar Negeri.

Hal pertama yang harus anda tentukan adalah menentukan dimana anda akan melanjutkan kuliah, di Negeri sendiri atau Luar negeri. Hal ini dapat menentukan jenis dan bagaimana persyaratan beasiswa yang akan kita coba. Jika anda ingin mencoba kuliah di luar negeri, tentunya anda harus membekali diri dengan bahasa asing yang diperlukan, yang utama adalah bahasa Inggris.

2. Memilih Kampus dan Jurusan

Memilih kampus adalah hal yang penting. Anda harus dinyatakan lulus sebagai mahasiswa baru di kampus tujuan anda. kecuali untuk beberapa beasiswa yang mensyaratkan anda kuliah di kampus mitra pemberi beasiswa. COntohnya beasiswa BPPDN calon dosen. Pada tahun 2013 dibuka kesempatan untuk dibiayai sebagai calon dosen pada beberapa universitas dibawah naungan dikti. Pada khasus seperti ini, anda harus mendaftar pada kampus yang sudah ditentukan.

3.Menentukan Jenis Beasiswa

Banyak sekali beasiswa yang di tawarkan, SIlahkan anda membaca dengan cermat persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan anda memenuhi persyaratan tersebut. KArena bisa di pastikan, jika anda tidak memenuhi persyaratan anda dinyatakan gugur sebagai penerima beasiswa.

4. Bagikan

Jangan biarkan informasi tentang beasiswa berhenti pada anda. Bagikan kepada orang lain jika anda pernah menerima beasiswa sehingga orang lain bisa belajar bagaimana trik untuk mendapatkannya. Jika anda ingin testimoni anda di muat dalam web ini, anda bisa menghubungi di halaman kontak.

15 thoughts on “Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mendaftar Beasiswa?

  1. Kak ada nggak beasiswa untuk menghafal Al-Qur’an. Dan untuk dapatin beasiswanya minimal hafal berapa jus kak?

  2. Min..saya lulusan tahun 2020,,, banyak gak sih universitas swasta yang terdapat beasiswa dengan test nilai rapot terutama daerah banten

  3. Bagaimana kita dapat dengan mudah mendapatkan beasiswa tetapi nilai yang kita miliki tidak rendah tetapi juga tidah tinggi ataupun bisa dilang biasa saja dan kita tidak mempunyai prestasi dan hanya memiliki prestasi juara kelas itupun 10 besar
    Apakah bisa kak?

    1. Tentu bisa kak, tapi kemungkinan dapatnya akan lebih kecil dibanding mereka yang punya banyak prestasi. Saran admin, kakak bisa mencoba daftar ke beasiswa tingkat universitas dulu. Karna saingannya tidak akan sebanyak dengan beasiswa tingkat nasional. Semoga bermanfaat, dan semangat terus ya kak

  4. Salam
    Saya lulusan tahun 2016, baru tahun ini akan kuliah, apakah bulan ini masih bisa mendaftar?.
    Rencana saya , saya akan kuliah 1tahun dulu di universitas terbuka jurusan pendidikan kimia, apakah tahun depan saya bisa mengikuti beasiswa , dengan tahun kelulusan saya yg bisa dibilang terlambat? Terimakasih, mohon jawabannya.

    1. Bisa, karena kebanyakan penyedia beasiswa memberi syarat berkaitan dengan semester pendaftar, bukan umur pendaftar, tetep semangat 🙂

  5. Bagaimana caranya agar kita bisa masuk ke jalur beasiswa, sedang kita sudah lulusan tahun 2015 dan masih kerja?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.