Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017

Beasiswa-id.net- Info terbaru tentang Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017 akan diberikan oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD) 2016/2017. Unpad akan memberikan beasiswa penuh berupa Beasiswa  Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017 kepada mahasiswa baru hal ini disampaikan oleh Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan, biaya kuliah gratis itu disediakan oleh kampus. “Dananya dapat dari komitmen, terutama pemerintah daerah kota dan kabupaten di Jawa Barat,” ujar Tri di Gedung Rektorat Bandung dikutip dari harian tempo.co. Hal ini merupakan kabar gembira buat kamu yang masih duduk dikelas XII (3) yang akan melanjutkan kuliah kedokteran secara gratis di Unpad.

Senada dengan yang disampaikan Rektor berkaitan dengan  Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017, Dekan FK Unpad juga berkata “Cita-cita Fakultas Kedokteran Unpad gratis, direncanakan akan dimulai pada tahun akademik 2016/2017,” demikian ucapan Dekan FK Unpad,  Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K)., MM., M.Kes., PhD., dalam Orasi Dekan FK Unpad dalam rangka Dies Natalis FK Unpad ke 58.

Selain Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017, dalam rangka mendukung proses pendidikan bagi mahasiswa dengan keterbatasan finansial, tahun ini FK Unpad memberikan 375 beasiswa kepada  mahasiswa baik beasiswa bidik misi, PPA/BBM, BLU Unpad atau pun kemitraan. Sebagai bentuk kepedulian, tahun ini, Ikatan Alumni Unpad Komisariat FK (IKA FK Unpad) juga meluncurkan program “Ayun Ambing” yang merupakan program penyaluran dana bantuan berupa uang saku kepada siswa didik. Tercatat sebanyak 52 orang mahasiswa ikut pada program ini, dengan sumber dana dari 10 angkatan kakak asuh dan FKOPD.

Pada tahun ajaran baru 2016 nanti, Unpad membuka kuota mahasiswa baru Fakultas Kedokteran sebanyak 250 orang dari dua jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan diberikan Beasiswa  Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017.

Penggratisan uang kuliah gratis atau  Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017  tersebut bertujuan agar setiap orang punya kesempatan yang sama untuk kuliah kedokteran. Selama ini, pendidikan yang bagus kerap dikaitkan dengan masuk kuliah dan lulusnya yang sulit, serta berbiaya mahal.

Persyaratan utamanya Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017 adalah calon mahasiswa pendidikan kedokteran itu nantinya diminta berkomitmen untuk bersedia ditempatkan di daerah di Jawa Barat sesuai rekomendasi Unpad atau semacam ikatan dinas yang diberikan kepada mahasiswa penerima Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017.

Jika penerima Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017 selesai pendidikan 5 tahun mahasiswa menolak ditempatkan atau melanggar perjanjian, Unpad akan menahan ijazah mahasiswa agar tidak dikeluarkan. Rektor mempersilakan calon mahasiswa yang menolak aturan tersebut untuk kuliah kedokteran di kampus lain.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi humas Unpad Email humas@fk.unpad.ac.id atau kunjungi halaman resminya http://www.fk.unpad.ac.id/ serta dapat ditanyakan kepada bagian akademiknya. Demikian informasi terbaru dari Universitas Padjadjaran (Unpad) akan memberikan beasiswa kuliah gratis bagi mahasiswa kedokteran dan spesialis dalam bentuk Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017.

119 thoughts on “Beasiswa Kuliah Kedokteran dan Spesialis 2016-2017

    1. Untuk tahun ajaran 2018/2019 belum ada info beasiswa kedokteran unpad lagi kak. Kemungkinan program ini sudah dihapus. Tapi jangan khawatir, masih banyak program beasiswa lainnya lagi kok kak. Tetap semangat yah, dan jangan sampai masalah finansial menggugurkan cita citamu. 🙂

  1. assalamualaikum warahmatullah wabarakatu
    kak saya dari smk pertanian lulusan 2015, dan dari area jawa timur juga, saya mau tanya kira kira adakah peluang untuk saya masuk jurusan fk di unpad?

  2. Saya lulusan farmasi tahun 2014 , apakah masih ada peluang tuk mendapatkan beasiswanya ?

  3. Permisi aku mau tanya kak , aku lulusan tahun 2016 smk keperawatan , kemarin lupa mau daftar sbmptn karna sibuk kerja. Setelah lulus . nah kan cita cita saya mau jadi dokter kira kira masih bisa g yak ikut program beasiswa kedokteran di unpad tapi tahun 2018 besok daftarnya terus syaratanya apa aja ya kak

    Makasih

    1. Tentu ada dan banyak kok, kalau untuk syarat dan jenis beasiswa apa saja, admin belum bisa memberi kepastian. karena tiap tahun persyaratan, mekanisme, seleksi sering kali berubah 🙂

  4. Pak, saya lulusan D3 rekam medis tapi saya ingin melanjutkan kuliah kedkteran dg beasiswa. Bisakah saya mndpatkan kesempatan ini juga? Saya berusia 21 tahun. Kira2 saya wisuda D3 agustus 2017, lalu apakah saya bisa ikut yg 2017 atau yg 2018? Terimakasih

    1. Tentu bisa, tapi kebanyakan beasiswa hanya dapat didaftarkan ketika adik telah menjadi mahasiswa pada jurusan tersebut. Yang tepenting saat ini, baiknya adik fokus pada kelulusan, setelah itu pada pendaftaran, baru setelah diterima, adik bisa mencari beasiswa. Jangan khawatir, karena penyedia beasiswa sangatlah banyak

  5. Pak, saya blum lulus SMA.. Saya udah daftar SNMPTN dan udah dapat kartu peserta SNMPTN tapi di universitas lain. Kira-kira bisa nggak dapat beasiswa ini lagi?

    1. Kalau penyedianya dari rektor, jawabannya belum pasti, karena tiap pergantian rektor, tentu berganti pula birokrasinya. Tetapi jangan khawatir, karena masih banyak beasiswa diluar sana untuk fakultas kedokteran. Semoga membantu

  6. Izin pak..
    Adek saya mau daftar tapi udh tammat 5 tahun yg lalu. Tapi keinginannya mau masuk kedokteran disana. Kapan pembukaannya tahun 2017 ne pak. Mohon petunjuk pak.

    1. kalau sudah lulus SMA 5 tahun lalu, kesempatan mendaftar di FK UNPAD hanya diperbolehkan lewat jalur SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjajaran), kalau tahun tahun sebelumnya, biasanya SMUP dibuka di pertengahan bulan juli. Tapi untuk tahun ini, belum diumumkan secara resmi kapan SMUP akan dibuka. Setelah diterima disana, langsung saja daftar beasiswa universitas padjajaran melalui Biro Administrasi Akademik. Barang kali link ini bisa membantu : https://goo.gl/51Tjjr :
      Semoga Membantu

    1. Untuk beasiswa dari pemerintah jabar, sampai saat ini kami belum tau. Akan tetapi untuk beasiswa selain dari pemerintah jabar, tetntu masih ada, bahkan pemberi beasiswanya sangat banyak, mungkin artikel ini bisa membantu : https://goo.gl/51Tjjr :

    1. Kalau untuk program tersebut, untuk tahun ini, belum diberitakan akan diadakan kembali atau tidak. Tapi jangan khawatir, karena di UNPAD sendiri, apalagi beasiswa Fakultas Kedokteran sangat banyak. So, jangan ragu buat nyoba
      semoga sukses

    1. Kalau untuk beasiswa kedokteran (sesuai judul artikel ini), kemungkinan hanya lulusan dari penjurusan IPA (MIA) saja, tapi untuk selain kedokteran, tentu sangat mungkin bisa, sangat banyak peluang mendapatkan beasiswanya

  7. Saya mahasiswa penerima bidikmisi tahun 2016 di politeknik negeri jakarta. Ini diploma(d3) apakah saya boleh mengikuti perogram ini?karna saya ingin sekali s1

    1. Tentu boleh, bahkan di Fakultas Kedokteran UNPAD, sangat banyak beasiswa yang tersedia, bukan hanya yang dijebarkan diatas, ada beasiswa BI, beasiswa BRI, beasiswa BBM, beasiswa Cimb Niaga, dsb

  8. Assalamu’alaikum mas
    Saya fitri adelia tamatan tahun 2016 apakah saya bisa mendapatkan beasiswa kedokteran ini ditahun ini mas ??

  9. permisi kak..numpang tanya.
    saumpama sudah di terima beasiswa kedokteran
    kalau nilai IP nya turun
    apakah beasiswa masih berlaku ????

  10. Assalamu’alaikum,, saya mau bertanya, sekarang saya kelas 12 SMA, ada kabar kalau FK di unpad gratis? nah itu kalau misalkan lulus di snmptn/sbmptn dan diterima di unpad, apakah dari awal masuk sampai lulus kuliah itu tidak mengeluarkan biaya sekali atau bagaimana? terimakasih

  11. Permisi kak..
    Kak kalo aku lulusan smk farmasi 2015. Sebelumnya udh nyoba snmptn tp ggl.. Kira” klo ikut sbm trs nyoba beasiswanya bs gk kak?

  12. Kak mau tanya, saya kls 12. saya rencananya mau ambil kedokteran gigi, nah yg dimaksud kedokteran spesialis disini kedokteran gigi jg termasuk ga kak? Terimakasih

  13. Assalamualaikum kak kalo kuliah kedokteran nya gratis 100% yaa trus apakah yang masuk situ harus pintar? Makasih sebelumnya

  14. maaf mas saya mau tanya
    saya tahun iniwisuda D3 pertanian hortikultura
    apakah saya masih bisa mendaftar buat tahun depan ???

  15. Salam kenal Ka, saya mau tanya tadi di jeaskan diatasi Kaka menerima beasiswa S2 dari Dikti. Kalo boleh tahu itu di universitas mana dan Kaka mengambil fakultas apa?

  16. kak,mau tanya.. Kalau yang sudah lama lulus SMA nya gimna ya kak?? Dulu pernah nyoba ikutan seleksi test masuk ke universitas kedokteran di bantar lampung. alhamdulillah keterima,tapi harus ada biaya besar jadi saya ga ngelanjutin kuliah.cuman sampe SMA saja. kalau misalkan tahun depan ikut daftar masih bisa keterima ga kak???

      1. Kalo lulusan SMK kesehatan tahun 2016 , apa bisa diterima di fakultas kedokteran UNPAD?

  17. Maau tanya admin… Persyaratannya apa saja biar bisa ikut seleksi? Ada berapa tahap dalam seleksi? Apa saja yang biasa diujikan? Mohon gambarannya… Terimaksih

  18. Assalamualaikum ..
    kak mau tanya , saya bru lulus SMA thn ini dan sdh masuk di perguruan tinggi negeri . trs kalo misalkan thn dpn mau daftar SNMPTN lg dan mau ikut program ini kira kira bisa gak ya?
    Wassalam ..

  19. Bg itu cara nya biar dapetin beasiswanya gimana bg? Terus buat saya yg nanti lulusan tahun 2017 itu masih bisa bg? Mohon bantuannya bg ya.
    Maap banyak tanya bg.
    Makasih sebelumnya.

  20. Salam bang. Saya mau tanya ini. Cara buat dapetin beasiswanya itu gimana bg? Terus kall misalnya buat lulusan tahun 2017 nanti ada gak itu bg?
    Maap banyak nanya ya bg. Makasih sebelumnya.

  21. Salam kak. Mau tnya apakah beasiswa yg dimaksud bnar 100%? Atau ad yg harus kita tanggung ? Bagaimana jika kita tidak punya saudara d bandung,apakap ada asramanya ? Mohon infonya kak,sy mau persiapkan diri jika ada asrama.

  22. Assalamualaikum.. Kak, kalau untuk angkatan yg akan datang, masih bisa gak kak ? (2016/2017) atau lebih tepatnya Angkatan 2017 nanti..

    1. Salam, Bisa dek… persiapkan dari sekrang ya… Semangat. Masukkan alamat emailmu ke kotak yang disediakan. dan klik link yang kami kirimkan. nanti kami akan mngerimkan informasi terbaru ke kotak masuk email anda

  23. Assalamualaikum Saya Denis, saat ini saya masih sma kelas 12. Saya ingin bertanya apakah beasiswa yg diberikan, memang betul2 bebas 100% biaya kuliah..?? Apakah selama kuliah tidak ada hal yg harus dibayarkan sama sekali, kalau ada.. Itu apa aja min..?? Terima kasih

  24. Assalamualaikum..
    mohon maaf saya ayu widiya astuti dari kabupaten tangerang izin bertanya.. kapan saya dapat mendaftar beasiswa ini dan bagaimana caranya ? lebih jelas..
    terima kasih !
    Wassalamualaikum..

  25. Saya tahun sekarang baru lulus smk keperawatan, apakah bisa mendapatkan beasiswa kedokteran?
    dan apakah sekarang belum terlambat?
    Terima kasih

  26. Sy lulusan sma ips 2013,tapi sy agustus sudah selesai wisuda d3 atro (penata rontgen) apa bisa ikut mendaftar beasiswa? Terimakasih.

  27. Anda membagikan informasi beasiswa hanya dalam negeri ataukah ada juga informasi beasiswa luar negeri yang mungkin bisa diikuti?

    1. dua duanya ada, silahkan pilih menu beasiswa luar negeri jika ingin mencari beasiswa luar negri, atau silahkan cari melalui beasiswa search engine dengan keyword scholarship maka akan menampilkan seluruh beasiswa yang ada diluar negeri

  28. maaf untuk pengiriman info beasiswa terbaru ke kotak masuk email, link informasinya tidak muncul
    bagaimana ya?
    tolong bantuanya…

      1. Mas say kelas 3. ,tapi saya lulusan smk keperawatan di blora jawa tengah, apakah saya bisa mendaftar

      2. apakah ada beasiswa dengan menggunakan baesiswa jalur tahfidz?
        tp sekarang saya masih kelas 10 sma apakah program ini sampai seterusnya?apa hanya tahun ini?

      3. Ada kak, untuk beasiswa tahfidz akan kami bahas dalam artikel tersendiri, ditunggu aja kak info dari kami. Jangan lupa untuk mengikuti fanspage, twitter, google+, sama instagram kami.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.