Daftar Beasiswa di Universitas Lampung (Unila) 2018

Beasiswa-id.net- Universitas Lampung atau yang sering dikenal dengan Unila adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Sebelum kita membahas tentang daftar beasiswa yang ada di universitas Lampung tidak salahnya kita mengetahui terlebih dahulu latar belakang kampus ini. Letak Universitas Lampung adalah di provinsi Lampung dan merupakan gerbang jika anda menuju ke pulau Sumatera. Sejarah berdirinya Universitas Lampung dimulai pada tahun 1959 yang diketuai oleh Zainal Abidin pagar alam. Dalam rangka menuju menjadi Universitas terbaik, Unila memiliki visi kedepan yaitu  Pada Tahun 2025 Unila Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, Unila menuliskan misi yang harus dikerjakan diantaranya sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan tridarma PT yang berkualitas dan relevan;
  2. menjalankan tata pamong organisasi Unila yang baik (good university governance);
  3. menjamin aksesibilitas dan ekuitas pendidikan tinggi;
  4. menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.

Fakultas dan Program Studi Di Unila

Fakultas di Unila

Saat ini, unila memiliki 8 fakultas diantaranya sebagai berikut:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Kedokteran

Dari kedelapan fakultas tersebut memiliki sejumlah program studi. Berikut ini daftar program studi di Universitas Lampung beserta akreditasi yang di peroleh di program studi di Unila.

Program Studi dan Akreditasi Program Studi di Unila

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
 1 Akuntansi D3 B
 2 Keuangan, Perbankan & Asuransi D3 B
 3 Pemasaran D3 B
 4 Perpajakan D3 B
 5 Akuntansi S1 A
 6 Ekonomi Pembangunan S1 A
 7 Manajemen S1 A
 8 Akuntansi S2 B
 9 Ekonomi Pembangunan S2 B
 10 Manajemen S2 A
 11 Ilmu Ekonomi S3 BL
 12 Profesi Akuntansi Sp1 B
Fakultas Hukum
 1 Doktoral Ilmu Hukum S3 BL
 2 Magister Hukum S2 B
 3 Ilmu Hukum S1 A
Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan
 1 Bimbingan Konseling S1 B
 2 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1 B
 3 Pendidikan Bahasa Inggris S1 B
 4 Pendidikan Biologi S1 B
 5 Pendidikan Ekonomi S1 B
 6 Pendidikan Fisika S1 B
 7 Pendidikan Geografi S1 A
 8 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi S1 B
 9 Pendidikan Kimia S1 B
 10 Pendidikan Matematika S1 B
 11 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan S1 B
 12 Pendidikan Sejarah S1 B
 13 Pendidikan Seni Tari S1 B
 14 Pendididikan Bahasa Prancis S1 BL
 15 Pendidikan Anak Usia Dini S1 C
 16 Pendidikan IPS S2 B
 17 Teknologi Pendidikan S2 B
 18 Manajemen Pendidikan S2 B
 19 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 B
 20 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah S2 BL
 21 Keguruan IPA S2 BL
 22 Keguruan Guru SD S2 BL
 23 Pendidikan Matematika S2 BL
 24 Pendidikan Bahasa Inggris S2 BL
 25 Pendidikan Fisika S2 BL
Fakultas Pertanian
 1 Perkebunan D3 B
 2 Agribisnis S1 A
 3 Agroteknologi S1 B
 4 Budidaya Perairan S1 B
 5 Kehutanan S1 B
 6 Teknologi Hasil Pertanian S1 A
 7 Peternakan S1 B
 8 Teknik Pertanian S1 B
 9 Magister Agribisnis S2 B
 10 Magister Agronomi S2 B
 11 Magister Teknologi Industri Pertanian S2 B
 12 Manajemen Sumberdaya Alam S2 C
 13 Magister Ilmu Kehutanan S2 BL
 14 Teknologi Pangan S2 BL
 15 Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat S2 BL
 16 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian S2 BL
 17 Agroekoteknologi S2 BL
 18 Doktor Ilmu Pertanian S3 BL
Fakutas Teknik
 1 Survai Dan Pemetaan D3 B
 2 Teknik Mesin D3 B
 3 Teknik Arsitektur Bangunan Gedung D3 C
 4 Teknik Elektro S1 B
 5 Teknik Geofisika S1 B
 6 Teknik Kimia S1 C
 7 Teknik Mesin S1 B
 8 Teknik Sipil S1 B
 9 Teknik Arsitektur S1 BL
 10 Teknik Geodesi S1 BL
 11 Teknik Informatika S1 BL
 12 Teknik Sipil S2 B
 13 Teknik Mesin S2 BL
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
 1 Sekretaris D3 B
 2 Hubungan Masyarakat D3 B
 3 Perpustakaan D3 B
 4 Ilmu Komunikasi S1 A
 5 Ilmu Pemerintahan S1 B
 6 Sosiologi S1 A
 7 Administrasi Publik S1 A
 8 Administrasi Bisnis S1 B
 9 Hubungan Internasional S1 BL
 10 Magister Ilmu Pemerintahan S2 B
 11 Magister Ilmu Administrasi (FISIP) S2 BL
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
 1 Manajemen Informatika D3 B
 2 Fisika S1 B
 3 Kimia S1 B
 4 Matematika S1 B
 5 Ilmu Komputer S1 B
 6 Biologi S1 B
 7 Ilmu Kimia (FMIPA) S2 BL
 8 Ilmu Biologi (FMIPA) S2 BL
 9 Ilmu Matematika (FMIPA) S2 BL
 10 Magister Fisika S2 BL
Fakultas Kedokteran
Pendidikan Dokter S1  A

Daftar Beasiswa di Unila

Bagaimana anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di Unila? Jangan kuatir jika anda memiliki keterbatasan dana, karena di Universitas Lampung terdapat banyak sekali beasiswa yang ditawarkan. Berikut ini adalah daftar beasiswa yang terdapat di Universitas Lampung (Unila) yang bisa anda coba.

Beasiswa Supersemar

Pasti anda tidak asing lagi dengan beasiswa yang satu ini. Beasiswa supersemar yang ada di Unila Merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar kepada pelajar dan mahasiswa dengan persyaratan tertentu. Beasiswa ini bertujuan membantu meringankan beban di dalam mengatasi biaya pendidikan formal agar beasiswan (mahasiswa penerima beasiswa) terhindar dari ancaman putus kuliah.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau yang dikenal dengan beasiswa PPA Adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya sebagai akibat krisis ekonomi, terutama bagi mahasiswa yang berprestasi akademik.

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) atau saat ini yang lebih dikenal adalah antuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tetapi kurang mampu dalam pembiayaan. Beasiswa ini bersumber dari pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Beasiswa BBM diberikan selama 1 tahun (Januari sampai dengan Desember) dalam dua  tahap, yakni per semester

Baca : Beasiswa PPA dan BBP-PA 

Beasiswa Bidikmisi

Adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa ini cocok sekali buat anda yang baru lulus SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan kuliah di Unila.

Baca : Beasiswa Bidikmisi 2016-2017

Sebeneranya masih banyak lagi beasiswa yang terdapat di Universitas Lampung. Nah, untuk info lengkapnya ada sebagai berikut:

Semoga informasi ini bermanfaat buat anda dan menjadi refrensi anda untuk melanjutkan kuliah di Universitas Lampung sebagai mahasiswa baru. Selamat berjuang

Mohon berikan bintang anda
5

Ringkasan

Jika dirasa informasi ini bermanfaat, mohon berikan bintang anda untuk vote postingan ini

Sending
User Review
3.61 (28 votes)

32 thoughts on “Daftar Beasiswa di Universitas Lampung (Unila) 2018

  1. Mohon info besiswa S2 Hukum,mengenai cara waktu dan tempat pendaftaran termasuk syarat yg harus di lengkapi. Terimaksih atas perhatiannya di tungggu infonya

  2. Saya mau tanya kalo ngajuin beasiswa bidikmisi terus udah dapet.. Nah kalo mau ngajuin beasiswa yang lainnya boleh atau tidak

  3. Saya pingin sekali melanjutkan pendidikan saya diunila
    Tapi kemampuan ekonomi orang tua kurang
    Dan saya cuma lulusan paket c
    Kira kira ada gak ya beasiswa
    Unyuk orang seperti saya

    1. Ada kak, banyak kok, kakak bisa fokus untuk dapat diterima di unila dahulu. Nanti setelah diterima, kakak bisa main ke bagian BAA fakultas, disana akan disediakan info terbaru mengenai beasiswa 🙂

  4. Admin yg terhormat saya ingin bertanya,
    Saya adalah anak dari seorang yang tidak mampu, saya lulusan smkn tahun ajaran 2016/2017, ayah saya hanya seorang pedagang tempe keliling kampung dengan penghasilan kurang lebih 1,5 juta, sementara ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga, dan sa tidak pernah mendapat beasiswa/kip dan saya tidak punya surat rekomendasi bidikmis dari smkn saya mungkin hal itu terjadi karena saya masuk smkn melalui jalur reguler. Dengan kriteria seperti itu apa kah saya masih bisa mengikuti program bidikmisi di unila?
    Dan kalo tidak bisa mohon infonya dong admin yg terhormat bagaimana saya bisa kuliah dengan beasiswa?

    1. Hai egi, kalau menurut admin, egi bisa coba dulu masuk unila. Nanti egi silahkan datang ke bagian BAA, disana egi bisa cerita yang sebernarnya. Kemungkinan akan diarahkan ke program beasiswa yang terbaik menurut BAA. Dulu, di kampus admin ada juga kok yang mirip seperti egi, tapi alhamdulillah hingga sekarang ia sudah lulus dengan cumlaude hasil pembiayaan beasiswa.

  5. Mimin yang terhormat, saya seorang PNS ingin melanjutkan S2 di Agribisnis, ada informasi beasiswa atau tidak ya? Kemudian persyaratannya apa saja?
    Mohon kirim ke E-mail saya

  6. Saya lulusan s1 Tarbiyah Prodi PAI Pendidikan, ingin melanjutkan s2 pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jalur beasiswa. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut pada tahun ajaran 2017-2018 ? Dan apakah bisa s2 mengambil prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia? Terimakasih

  7. saya sudah s1 dan sya ingin melanjutab S2 di unila, bagaimana caranya dan langkah-langkahnya kak ? terimakasih

  8. selamat sore min . saya ingin bertanya saya lulusan tahun 2015 dan saya memiliki prestasi juara 1 lomba it pc networking support lampung 2015 dan juga perwakilan propinsi ke nasional pada tahun 2015.bisa gk saya masuk bea siswa ppa dan bagaimana cara daftarnya. mohon bantuanya min

    1. tentu bisa, bahkan untuk adik kemungkinan diterimanya besar. Untuk cara daftarnya, adik datang langsung ke bagian BAA jurusan adik, kemudian tanya mengenai prosedur pendaftaran disana, tapi kebanyakan universitas deadlinen pendaftaranya sekitar bulan maret-april, pastikan adik tidak telah mendaftar yah
      semoga sukses

    1. Tentu ada, bahkan banyak tetapi, hampir seluruhnya menyertakan batas IPK minimum. Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Pertamina Foundation, Beasiswa LPDP, dan banyak yang lainnya menerima prestasi non akademik, akan tetapi semuanya menentukan batas IPK minimum.
      Semoga membantu

  9. Maaf Tanya donk saya lulusan tahun 2012 SMA. Dan berkeinginan melanjutkan kuliah kira2 masih bisa ada bantuan biaya siswa gak ya. Soalnya Sudan lama banget. Sekarang aja tahun 2017.mohon bantuanya ya??

    1. Tentu masih ada, silahkan daftar saja langsung ke universitas yang diingikan, setelah masuk, langsung daftar di bagian akademik. Untuk informasi beasiswa, silahkan masukkan email, agar kami bisa kirimkan info terbaru mengenai beasiswa. Jangan lupa like fanspage facebook kami, jika ada pertanyaan, langsung hubungi admin kami di facebook, team kami akan bersedia untuk menjawab pertanyaan anda.
      Semoga sukses

      1. Selamat sore sy mau daftar S2 Hukum melalui jalur besiswa mohon infonya, apa saja syarat yg harus saya lengkapi dan kapan pendaftarannya. Atas Perhatiannya sy ucapkan terimaksih.

  10. ijin bertanya kalo mahasiswa paraler atau lewat jalur mandiri apa bisa kena beasiswa seperti dengan yang lain atau tidak

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.