Letak Universitas Harvard serta Bahasan Lengkap Mengenai Sejarah, Biaya Masuk, Jurusan, Biaya Kuliah, dan Beasiswa Harvard University

Beasiswa-id.net | Pada artikel ini, admin mengulas info exclusive untuk Harvard University nih yaitu Letak Universitas Harvard. Selain itu, admin juga akan membahas Biaya Masuk , Jurusan di Harvard University, Biaya Hidup, Biaya Kuliah di luar negeri, hingga Beasiswa Harvard University. Nah sebelum memulai pembahasan lebih jauh mengenai universitas terkenal ini, mari mengupas tuntas segala hal yang terkait dengan Harvard University.

 

Harvard University

Sejarah Universitas Harvard

Litography Sejarah Harvard University yang Berdiri pada 1636

Litography Sejarah Harvard University yang Berdiri pada 1636

Harvard University yang merupakan Universitas tertua di Amerika Serikat ini didirikan pada tanggal 8 September 1636. Kampus yang sering disebut pelajar Indonesia dengan sebutan Universitas Harvard ini mulanya memiliki nama New College. Namun, 3 tahun kemudian tepatnya di tanggal 13 Maret 1639, New College dirubah menjadi Harvard College. Penamaan ini disandarkan kepada ilmuan sekaligus alumni dari Universitas Cambridge yang juga menjadi donator utama untuk pengembangan kampus hebat tersebut. Nama Harvard Collage bertahan lebih dari 1 abad. Di tahun 1780, universitas terbaik dunia tersebut berganti nama menjadi Harvard University, yang kemudian menjadi nama tetap, dan bertahan hingga sekarang.

 

Letak Universitas Harvard yang Strategis

Universitas Harvard terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Harvard University ini letaknya terdapat di Negara Bagian Massachusetts. Letak Universitas Harvard yang berada di dekat berbagai tempat wisata, dan bermacam Universitas ternama, membuatnya kian dikenal dan tersohor.

Lokasi Harvard University dekat dengan bermacam Universitas yang menyelimuti disekitarnya. Mulai dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang terkenal dengan alumni hebatnya. Ada pula Boston University, Northeasten University, Amherst College, University of Massachusetts Drtmounth, Brandeis University, Williams College, dan masih banyak lagi.

Letak Universitas Harvard yang Strategis yang Dekat dengan Berbagai Wisata, seperti Charles River

Letak Universitas Harvard yang Strategis yang Dekat dengan Berbagai Wisata, seperti Charles River

Tak hanya universitas saja yang ada di sekitar kampus Harvard di Amerika Serikat ini, banyak pula tempat wisata yang dapat anda explore lebih banyak disana. Sebut saja Harvard Museum of Natural History yang merupakan lokasi museum alam. Adapula museum seni juga, yaitu Harvard Art Museums. Tak hanya museum, di sana pula terdapat wisata outdoor seperti Fresh Pond Reservation, Cambridge Common, Charles River Bike Path, serta Charles River yang sering dikunjungi wisatawan di akhir pekan.

Universitas Harvard terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat

Selain membahas mengenai letak Universitas Harvard, admin juga akan membahas Jurusan di Universitas Harvard.

 

Jurusan di Universitas Harvard

Gedung Faculty of Arts and Sciences, Salah Satu Jurusan di Universitas Harvard

Gedung Faculty of Arts and Sciences, Salah Satu Jurusan di Universitas Harvard

Jurusan di Harvard University memiliki beragam bidang studi. Keseluruhan jurusan Universitas Harvard tersebut tergabung didalam 9 fakultas. Adapun fakultas di Harvard University ialah sebagai berikut:

  1. Harvard Faculty of Arts and Sciences serta Harvard Division of Engineering and Applied Sciences
  2. Harvard Medical School (dibuka mulai tahun 1782) serta Harvard School of Dental Medicine (dibuka mulai tahun 1867)
  3. Harvard Divinity School (dibuka mulai tahun 1816)
  4. Harvard Law School (dibuka mulai tahun 1817)
  5. Harvard Business School (dibuka mulai tahun 1908)
  6. Harvard Graduate School of Design (dibuka mulai tahun 1914)
  7. Harvard Graduate School of Education (dibuka mulai tahun 1920)
  8. Harvard School of Public Health (dibuka mulai tahun 1922)
  9. Kennedy School of Government (dibuka mulai tahun 1936)

 

NoFakultasTahun Berdiri
1Harvard Faculty of Arts and Sciences 1636
2Harvard Medical School1782
3Harvard Divinity School1816
4Harvard Law School 1817
5Harvard Business School 1908
6Harvard Graduate School of Design 1914
7Harvard Graduate School of Education1920
8Harvard School of Public Health1922
9Kennedy School of Government1936

Untuk Fakultas Arts and Sciences serta Harvard Division of Engineering and Applied Sciences, terdiri dari beberapa jurusan, yaitu : GSAS, SEAS, Harvard Summer School, dan Harvard Extension School.

Dari ke sembilan fakultas di Universitas Harvard tersebut, jurusan Harvard University belumlah lengkap pembahasannya. Untuk detail jurusan di Universitas Harvard yang ada pada tiap fakultas, akan admin lengkapi di lain hari yah. So, simak terus halaman ini untuk update informasi mengenai daftar jurusan di Harvard University. Dan jangan lupa untuk bookmark halaman ini sebagai penyedia info lengkap jurusan Universitas Harvard.

Universitas Harvard Memiliki 9 Fakultas Utama

Barrack Obama Menuntaskan Kuliah di Harvard Law School

Barrack Obama Menuntaskan Kuliah di Harvard Law School

Dari keseluruhan fakultas tersebut, sudah banyak tokoh tokoh hebat yang dilahirkan, sebut saja mantan presiden AS, Barrack Obama yang menuntaskan kuliah di Harvard Law School. Selain Obama, ada beberapa tokoh terkenal lagi, diantaranya sebagai berikut :

  • George W Bush

Mantan presiden ke 43 dan politisi ulung asal Amerika Serikat ini juga pernah menempuh studi di Kampus Terbaik Amerika Serikat itu. Ia tercatat sebagai alumni di tahun 1975 pada jurusan Bisnis.

  • Bill Gates

Siapa sih yang tak kenal dengan Bill Gates ? Sang pendiri Microsoft Corporation tersebut ternyata pernah tercatat sebagai mahasiswa Harvard University. Bill Gates tercatat sebagai mahasiswa di jurusan matematika terapan. Walaupun beliau tidak mampu menyelesaikan kuliah di kampus tersebut (baca:drop out), namun awal cerita memulai karir sebagai pendiri Microsoft, dilesakkan dari Kampus tersebut.

  • Mark Zuckerberg

Nah, pasti kenal dong dengan tokoh tersebut ? Yups, Mark Zuckerberg merupakan alumni Harvard yang mencetuskan sosial media ternama, yaitu Facebook. Mark tercatat sebagai mahasiswa Harvard di tahun 2002.

Untuk tokoh asal Indonesia yang pernah menyelesaikan kuliah di universitas ini ialah Agus Yudhoyono, yang merupakan anak kandung mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Biaya Masuk Universitas Harvard

Kehebatan dan Peringkat Dunia yang Tinggi Membuat Biaya Masuk Universitas Harvard Cenderung Tinggi

Kehebatan dan Peringkat Dunia yang Tinggi Membuat Biaya Masuk Universitas Harvard Cenderung Tinggi

Biaya masuk Universitas Harvard ini terbilang mahal. Tapi jangan khawatir, mahalnya biaya tersebut rasanya pantas diberikan mengingat Harvard University memiliki kualitas yang sangat baik. Universitas yang pernah menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik dunia tersebut memiliki banyak sekali kelebihan.

Kembali lagi pada pembahasan biaya masuk Harvard university yah. Dilansir dari situs interkini.com, untuk dapat kuliah di luar negeri tepatnya masuk ke Harvard dengan jalur biasa (tanpa beasiswa) dibutuhkan dana hingga 45 ribu dolar. Biaya kuliah di Harvard dalam rupiah ialah sekitar 590 juta rupiah. Sumber lain dari okezone.com mengatakan bahwa untuk masuk di kampus terhebat dunia tersebut membutuhkan dana hingga 54.561 dolar, atau jika dirupiahkan, akan mencapai 650 juta rupiah.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah S2 di University of Nottingham Malaysia Campus

Nah, bagi kawan beasiswa-id.net yang mengimpikan Harvard, bisa mempersiapkan dananya nih. Namun, banyak jalan menuju Harvard, selain dari jalur bisaa, kamu juga dapat mengikuti jalur beasiswa lhoh. Banyak sekali penyedia beasiswa yang bahkan menggratiskan kuliah di Amerika Serikat, termasuk kampus ini.

 

Biaya Kuliah di Harvard University

Biaya kuliah di Harvard University merupakan bahasan menarik. Mengingat banyak mahasiswa yang menomor satukan biaya kuliah. Nah, untuk biaya kuliah sendiri selama menempuh studi di Harvard University, kamu perlu menyiapkan dana hingga 620 juta rupiah. Rinciannya ialah sebagai berikut :

  1. 420 Juta : Sebagai biaya kuliah dan biaya kursus saat perkuliahan,
  2. 80 Juta : Menyewa ruangan kuliah,
  3. 30 Juta : Biaya keperluan layanan mahasiswa,
  4. 30 Juta : Biaya asuransi kesehatan,
  5. 60 Juta : Biaya hidup di Harvard University (kos)
  6. 1 Juta : Biaya untuk wisuda

Biaya kuliah di Universitas Harvard tersebut hanya gambaran kotor, dapat lebih besar dan lebih kecil sesuai kebutuhan mahasiswa terkait. Biaya tersebut juga akan ditimpakan ke mahasiswa yang masuk melalui jalur bisaa, atau tanpa beasiswa.

Letak Harvard University Library yang Konon Memiliki Koloksi Buku Bersampul Kulit Manusia dan Domba

Letak Harvard University Library yang Konon Memiliki Koloksi Buku Bersampul Kulit Manusia dan Domba

Nah, setelah membahas besarnya biaya kuliah di Universitas tersebut, tentu akan muncul pertanyaan di benak teman teman, adakah beasiswa Universitas Harvard? Jawabanya tentu ada, mari simak bahasan berikut.

 

Beasiswa Harvard University 2018

Beasiswa Harvard University 2018 amatlah banyak. Bahkan pihak kampus tertua di AS tersebut kuota kuliah gratis bagi pelajar. Selain itu, jangan kaget kalau ternyata Harvard University ini juga menyediakan beasiswa kedokteran yang mumpuni. Nah, penyedia beasiswa pun banyak lhoh, ada yang berasal dari pemerintah, pihak kampus, maupun swasta. Berikut sedikit list penyedia beasiswa di kampus Harvard. Jangan lupa di bookmark yah, karena apabila ada penambahan list beasiswa Universitas Harvard, akan langsung admin tambahkan di halaman ini.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Gratis di American University

Pengetahuan tentang cara kuliah di luar negeri serta berbagai trik cara mendapatkan beasiswa kuliah atau sumber dana tentu sangat diperlukan. Dalam bahasan ini, admin akan menyertakan list penyedia dana dan beasiswa yang dapat kamu raih. Check this out :

  • Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Harvard University yang pertama dating dari Sampoerna Foundation. Beasiswa Sampoerna Foundation ini diberikan bagi mahasiswa dalam dan luar negeri. Dengan menjadi penerima beasiswa ini, kamu bukan hanya dibiayai kuliahnya saja, melainkan diberikan bantuan dana hidup, asuransi, dan masih banyak lainnya.

  • Beasiswa Rajawali Foundation

Beasiswa Universitas Harvard yang kedua, dating dari Rajawali Foundation. Beasiswa Rajawali Foundation merupakan bantuan dana kuliah yang ditujukan bagi mahasiswa Harvard Kennedy School. Biaya yang diberikan oleh penyedia tersebut mencapai 2 juta dolar. Nah, penyedia ini bisa kamu jadikan alternative untuk menjadi penyedia dana selama masa studi di Harvard.

  • Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa LPDP Program Tesis

Beasiswa LPDP Program Tesis

Siapa sih yang tidak kenal dengan beasiswa LPDP ? Beasiswa yang disediakan oleh kementrian keuangan RI yang bekerjasama dengan kementrian ristekdikti ini dapak kamu jadikan sumber penyedia dana. Jika kamu dapat menjadi penerima beasiswa LPDP program magister dan doktor, maka kamu akan mendapatkan biaya kuliah, biaya hidup, asuransi, biaya berangkat dari tempat tinggal ke universitas yang dituju, dan masih banyak lainnya.

Tahukah kamu bahwa dana beasiswa LPDP yang diberikan pemerintah semakin bertambah tiap tahunnya? Nah, tunggu apa lagi, segera siapkan mental dan fisikmu untuk dapat menjadi penerima beasiswa ini. Untuk info lengkap beasiswa LPDP Program Magister dan Doktor, dapat dilihat di link : Beasiswa LPDP S2 dan S3

  • World Bank Scholarships Program

Bagi kamu yang mengambil fakultas bisnis, beasiswa Joint Japan World Bank ini dapat kamu jadikan alternatif. Dalam beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Jepang tersebut, ada program beasiswa yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia, yaitu Japan Indonesia Presidential Scholarship Program (JIPS). Nantinya program inilah yang perlu kamu dalami lebih jauh untuk dapat kamu jadikan penyedia dana kuliahmu.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Gratis di China Program USTC Scholarship

Sebenarnya masih banyak lagi jenis beasiswa kuliah di Harvard University, namun akan admin tambahkan di lain kesempatan yah. Untuk itu, jangan lupa bookmark halaman ini.

 

Alternatif Pendanaan Kuliah di Luar Negeri (Harvard University)

Setelah banyak mengulas sejarah, letak universitas harvard, berbagai biaya, serta beasiswa, kini admin akan mengulas alternatif pendanaan kuliah selain dari yang telah disebutkan diatas. Kembali ke slogan yang dituliskan diawal tadi, “Banyak Jalan Menuju Harvard”. Dari slogan tersebut, dapat diambil kesimpulan yang sesuai dengan pembahasan ini, yaitu “Jangan Hanya Terpaku pada Dana dan Beasiswa”. Sebenarnya selain menyiapkan uang hingga 600 juta serta ikut mendaftar beasiswa, masih banyak hal lainnya yang dapat diperjuangkan untuk kuliah di Harvard University. Berikut akan admin sertakan beberapa alternatif untuk tetap dapat kuliah di Universitas tersebut sesuai bahasan di forum kompas dengan berbagai tambahan dari sumber lain.

  1. Manfaatkan Beasiswa dari Sekolah

Beasiswa dari sekolah merupakan alternatif pertama. Maksud dari beasiswa sekolah ialah memanfaatkan beasiswa yang diberikan dari pihak internal sekolah yang diberikan pada alumninya untuk melanjutkan studi, salah satunya di Harvard. Contoh sekolah yang menyediakan program ini yaitu Columbia University Graduate School of Jurnalism. Sekolah jurnalistik terkenal asal AS itu menyediakan banyak kuota beasiswa di Harvard yang disediakan sekaligus diurus oleh internal sekolah. Menarik bukan? Namun, untuk mendapatkannya kamu perlu menyelesaikan sekolah disaana terlebih dahulu.

  1. Beasiswa dari Luar Sekolah

Contoh dari jenis ini yaitu beasiswa yang telah dijabarkan diatas, yaitu beasiswa sampoerna foundation, beasiswa lpdp, dan beasiswa lain.

  1. Kerja Part Time (Paruh Waktu)

Ilustrasi Kerja Paruh Waktu (Part Time) Sebagai Penulis untuk Membiayai Kuliah di Harvard University

Ilustrasi Kerja Paruh Waktu (Part Time) Sebagai Penulis untuk Membiayai Kuliah di Harvard University

Selain memanfaatkan biaya dari pihak lain, kamu juga harus mengasah diri untuk terjun di dunia kerja, salah satunya melalui kerja paruh waktu. Di Amerika Serikat sendiri kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, penulis, peneliti, hingga kerjaan blue collar seperti pelayan, penjaga took, ataupun kerjaan lain.

  1. Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi maupun keluarga dapat kamu jadikan sebagai bekal kuliah disana. Jangan melulu bergantung pada orang lain, kamu juga harus berpegang pada kakimu sendiri.

  1. Manfaatkan Student on Loan

Selain opsi beasiswa, kerja paruh waktu, serta tabungan pribadi, alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan Student Loan. Student loan adalah bantuan pinjaman dana pendidikan yang memiliki durasi pelunasan yang lama (umumnya 10 hingga 20 tahun).

Mahasiswa yang mampu melanjutkan studi di Harvard University bukanlah berasal dari keluarga kaya raya saja. Banyak mahasiswa yang berani mengambil program student loan ini karena mereka yakin akan mendapat gaji yang jauh lebih tinggi setelah lulus dari Harvard. Nah, keyakinan inilah yang menyebabkan banyaknya mahasiswa dengan program student loan di wilayah kampus. Student Loan Harvard University juga ada lhoh, maka dari itu manfaatkan sebaik mungkin yah.

Dari slogan tersebut, dapat diambil kesimpulan yang sesuai dengan pembahasan ini, yaitu “Jangan Hanya Terpaku pada Dana dan Beasiswa”

 

Kesimpulan

Letak Universitas Harvard serta Bahasan Lengkap Mengenai Sejarah, Biaya Masuk, Jurusan, Biaya Kuliah, dan Beasiswa Harvard University

Letak Universitas Harvard serta Bahasan Lengkap Mengenai Sejarah, Biaya Masuk, Jurusan, Biaya Kuliah, dan Beasiswa Harvard University

Harvard University adalah universitas tertua di US yang didirikan pada tahun 1636 dan merupakan salah satu Universitas terbaik dunia. letak Universitas Harvard berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Alamat Harard University berada di Negara Amerika Serikat, Negara Bagian Messachusetts, Kota Cambridge. Letak Universitas yang strategis, dekat dengan berbagai lokasi wisata dan berbagai kampus pendidikan lain, semakin mendongkrak kepopulerannya. Ditambah lagi dengan banyak alumni sukses yang menjadi tokoh penting di dunia kian menguatkan Harvard sebagai salah satu Universitas Terbaik Dunia. Dengan membuka 9 fakultas dengan berbagai jurusan dan program studi disana tentu semakin menarik minat para pelajar Internasional dari berbagai bidang.

Baca Juga : List Beasiswa Luar Negeri Terbaru

Karena letak Universitas Harvard yang strategis, disamping itu karena kepopuleran dan kehebatan kampus tersebut, biaya kuliah di Harvard University serta biaya masuk Universitas Harvard tergolong tinggi. Menurut berbagai sumber, pelajar diklaim harus menyiapkan dana hingga lebih dari 600 juta untuk dapat menyelesaikan studi disana. Namun, biaya tinggi tersebut tetap diimbangi dengan berbagai beasiswa Universitas Harvard yang terbilang banyak. Selain menggunakan opsi mengambil beasiswa luar negeri untuk kuliah di Harvard, pelajar juga dapat mengambil opsi lain seperti : beasiswa dari dalam sekolah, beasiswa dari luar sekolah, kerja paruh waktu, tabungan pribadi atau keluarga, serta mengoptimalkan fasilitas student loan di kampus terkait.

Kiranya cukup bahasan letak Universitas Harvard, biaya masuk Universitas Harvard, jurusan di Harvard University, biaya kuliah di Harvard University, serta beasiswa Harvard University. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar positif yah.

Leave a Reply

error: Content is protected !!