Info Lengkap Beasiswa Tesis LPDP S2 Terbaru

Pada artikel info beasiswa terbaru kali ini, Beasiswa-Id.Net akan membahas mengenai Beasiswa Tesis LPDP S2 Terbaru. Beasiswa LPDP sudah lama dikenal, dan telah banyak mencetak alumni sukses berkat bantuan dana darinya. Pada tahun 2017 ini, Beasiswa Tesis LPDP dibuka untuk umum bagi WNI baik yang kuliah di dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa Tesis LPDP diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana yang terkendala biaya pada proses penelitian tesis yang dilakukan. Untuk mejadi penerima program beasiswa S2 ini, persyaratan yang harus dipenuhi tidaklah sedikit. Akan tetapi, dengan menjadi penerima beasiswa lpdp, fasilitas berupa dana bantuan yang diberikan sangatlah banyak. Tak ayal karena peserta yang banyak, seleksi pendaftaran Beasiswa Tesis LPDP dibuka hingga 4 kali tiap tahunnya.

Beasiswa LPDP Program Tesis

Beasiswa LPDP Program Tesis

Sasaran Beasiswa S2 LPDP

Sasaran Beasiswa LPDP Tesis adalah mahasiswa program Magister yang sedang melakukan penelitian tesis berbasis riset dari perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri. Untuk sasaran utamanya yaitu mahasiswa S2 yang kekurangan biaya untuk menyelesaikan penelitian tesis yang sedang dilakukan.

Cara Mendaftar Beasiswa Tesis LPDP

Untuk mekanisme dan cara pendaftaran Beasiswa Tesis LPDP dimulai dengan mendaftar dan mengisi formulir online yang telah disediakan panitia LPDP di situs resminya : beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id :

Selanjutnya pendaftar dapat melengkapi seluruh persyaratan, kemudian mengunggah seluruh persyaratan yang diminta pada website  resmi beasiswa tesis lpdp.

Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP Program Tesis

Pendaftaran Beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun, dengan maksimal empat kali proses seleksi (tergantung jumlah pendaftar). Apabila jumlah pendaftar tidak memenuhi, maka seleksi akan dilaksanakan di periode akhir seleksi LPDP program tesis.

Adapun pelaksanaan tahap akhir seleksi beasiswa tesis akan dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2017. Adapun jadwal secara lengkap, akan diumumkan panitia melalui website resmi dan contact person pendaftar.

Mekanisme Seleksi LPDP Tesis

Untuk mekanisme seleksi Beasiswa LPDP Program Tesis terdiri dari 2 Tahap, yaitu

  • Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi berupa pengecekan berkas berkas pendaftaran yang dikirim oleh pendaftar. Apabila ditemukan pendaftar yang tidak mengirimkan seluruh berkas yang diminta, maka pendaftar tersebut akan digugurkan di tahap ini.

Apabila pendaftar telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan, maka pihak panitia akan menghubungi pendaftar untuk menginformasikan mengenai seleksi selanjutnya, yaitu tahap Seleksi Substansial.

  • Seleksi Substansi

Seleksi Substansial merupakan tahap kedua seleksi beasiswa tesis LPDP. Pada tahap ini, pendaftar akan dihadapkan dengan 3 orang dari pihak yang ditunjuk oleh panitia (sepert wawancara). Biasanya ketiga orang tersebut terdiri dari 2 dosen pakar, serta 1 ahli psikologi yang akan menanyai pendaftar mengenai :

  1. Kesesuaian penelitian terhadap riset unggulan yang dimaksud LPDP
  2. Literatur yang digunakan
  3. State of the art
  4. Metodologi penulisan penelitian
  5. Kesesuain output
  6. Kontribusi terhadap NKRI
  7. Kesesuaian dana yang diajukan

Kesimpulan

Beasiswa Tesis LPDP yang diselenggarakan oleh pemerintah ini diperuntukkan untuk mahasiswa S2 yang sedang meneliti dan membuat tesis. Beasiswa LPDP ini dibuka setiap tahunnya, dengan proses seleksi hingga 4 kali tiap tahun. Dengan bantuan biaya yang tak sedikit, beasiswa tesis lpdp patut dijadikan rujukan beasiswa untuk penelitian tesis. Terimakasih telah membaca informasi dari beasiswa-id.net, semoga bermanfaat

Leave a Reply

error: Content is protected !!