Beasiswa-id.net – Buat pencari kuliah pascasarjana gratis di luar negeri, program Beasiswa Eiffel 2020/2021 bisa kamu jadikan referensi. Pemerintah Prancis telah membuka beasiswa S2 dan S3 bagi mahasiswa Internasional (non-Prancis). Program ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Master atau Ph.D di Benua Eropa tersebut.

Ohya, bagi teman teman yang ingin lompat ke sub bab pembahasan lain, bisa langsung klik link daftar isi berikut.

Beasiswa Eiffel 2020

Melalui Eiffel Exvellence Scholarship Program, Pemerintah Prancis akan mendanai mahasiswa pascasarjana. Selain itu, ada berbagai macam fasilitas yang telah tersedia buat penerima beasiswa Eiffel ini.

Program Eiffel Exclusive Scholarship ini memungkinkan tiap Universitas Prancis untuk mengajukan mahasiswa terbaiknya. Pemerintah Prancis berharap dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM tingkat S2 & S3 untuk bidang studi tertentu.

Ilustrasi Kuliah S2 Dan S3 Gratis Di Prancis
Ilustrasi Program Kuliah S2 S3 Gratis untuk Mahasiswa Internasional

A. Bidang Studi dan Jenjang yang Tersedia

Buat teman teman yang ingin mendaftar beasiswa S3 & S2 ini, pastikan telah memilih salah satu bidang studi berikut ini:

  1. Ekonomi dan Manajemen,
  2. Ilmu Politik,
  3. Ilmu Hukum,
  4. Teknik atau Sains (tingkat PhD), seperti: Ilmu teknik seperti Matematika, Kimia, Fisika, the Ilmu Sains, Bioteknologi, Geologi, Astronomi dan Ilmu Antariksa, Teknik Lingkungan, serta Ilmu Komunikasi, dan Teknik Informatika.

Dari empat bidang tersebut, Pemerintah Prancis menyediakan 3 level pendidikan. Berikut daftar jenjang pendidikan yang tersedia:

  • Master’s degree program (S2)
  • Engineering program
  • Joint Doctoral program (S3)
Beasiswa Eiffel 2020 2021 Kuliah S2 S3 Gratis Dari Pemerintah Prancis
Beasiswa Eiffel 2020 2021 Kuliah S2 S3 Gratis Dari Pemerintah Prancis

B. Fasilitas Penerima Beasiswa Prancis 2020

  1. Full Tuition Fee (gratis uang kuliah) *.
  2. Living Cost (Biaya Hidup) senilai € 1.181 (sekitar 20,5 juta rupiah) untuk S2 atau € 1.400 (sekitar 24,3 juta rupiah) untuk S3 tiap bulannya.
  3. Tunjangan tempat tinggal.
  4. Bantuan biaya asuransi kesehatan.
  5. Tunjangan transportasi (berupa biaya pesawat PP Indonesia – Prancis, penggantian biaya transportasi lokal, serta 2 tiket kereta api dari atau ke lokasi universitas untuk awal dan akhir masa menerima beasiswa).
  6. Biaya kegiatan kebudayaan.

NOTE: Bagi mahasiswa yang terdaftar di Universitas Swasta Prancis, maka penerima beasiswa harus menanggung biaya kuliah secara mandiri.

C. Syarat Mendaftar Beasiswa S2 & S3

Untuk menjadi penerima beasiswa Prancis Excellence Scholarship Program, kamu perlu memnuhi persyaratan pendaftaran. Berikut syarat Umum dan Khusus untuk pendaftaran periode 2020/2021:

1. Syarat Umum

  1. Bukan warga negera Prancis (termasuk warga negara ganda dengan Prancis).
  2. Usia maksimal 25 tahun untuk pendaftar S2, ATAU 30 tahun untuk pendaftar S3. Terhitung pada bulan Maret 2021.
  3. Merupakan mahasiswa pada program Master, Sekolah Teknik, atau mahasiswa Doktoral program joint doctoral program.
  4. Pendaftar tidak sedang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Prancis.
  5. Telah memenuhi syarat kompetensi bahasa dari tiap perguruan tinggi yang kamu pilih.
  6. Pengajuan beasiswa dilakukan oleh Perguruan Tinggi (bukan secara individu).

2. Syarat Khusus

  1. Masiswa pendaftar Program Master: pendaftar belum pernah terdaftar di program beasiswa Pemerintah Prancis. Selain itu, calon penerima beasiswa belum pernah ditolak pada saat proses seleksi program Eiffel Scholarship ini sebelumnya.
  2. Mahasiswa pendaftar Program PhD: pendaftar yang telah mengikuti program beasiswa eiffel di tingkat S2, diperbolehkan mendaftar untuk program PhD.

D. Cara Mendaftar Eiffel Scholarship

Berikut langkah langkah mendaftar program beasiswa Eiffel periode 2020/2021.

  1. Tentukan Universitas dan jurusan yang akan kamu daftarkan. Pastikan univeristas dan jurusan tersebut telah terdaftar sebagai kampus resmi Prancis (Cek pada link berikut: www.campusfrance.org/en, lalu klik Studying).
  2. Lalu, ikuti langkah pendaftaran sesuai Universitas yang kamu tuju (lihat mekanisme pendaftaran mahasiswa baru pada website resminya).
  3. Setelah diterima di kampus yang diinginkan, dan mendapatkan LoA (Surat Penerimaan), kamu dapat meminta pihak kampus untuk mengajukan nama kamu sebagai peserta program Eiffel Scholarship 2020/2021.

NOTE: Pendaftar program Eiffel Excellence Scholarship tidak dapat mengajukan secara mandiri. Melainkan, harus mengajukan ke Universitas terlebih dahulu. Kemudian, pihak Universitas tempat kamu kuliah akan mengajukan ke Kemenlu Prancis.

E. Deadline Beasiswa Eiffel

Kementrian Luar Negeri Prancis membuka pendaftaran beasiswa kuliah S2 & S3 gratis ini hingga tanggal 8 Januari 2021. Dengan kata lain, pendaftar harus sudah menyelesaikan proses pendaftaran beasiswa Eiffel pada tanggal tersebut. Mulai dari menerima LoA, hingga mengajukan pendaftaran ke masing masing Universitas. Kemenlu Prancis akan mempublikasikan para penerima beasiswa pada tanggal 22 Maret 2021.

Lihat juga: Daftar Program Beasiswa S2 Terbaru

F. Kontak Person Eiffel Excellence Scholarship

Info lengkap serta pertanyaan mengenai program beasiswa Eiffel Excellence Scholarship, dapat menghubungi kontak person berikut:

Selamat mendaftar, jangan lupa untuk bantu share ke teman teman kamu yah. Sekian bahasan admin mengenai Beasiswa Eiffel Excellence Scholarship Program untuk Mahasiswa S2 & S3. Beserta jalur, fasilitas, syarat pendaftaran, cara daftar, deadline, mekanisme seleksi, dan kontak personnya.

Terima kasih telah membaca artikel beasiswa luar negeri ini hingga akhir. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media kami agar kalian tidak ketinggalan info beasiswa terbaru yang kami publikasikan tiap harinya. Berikut daftar sosial media resmi kami:

About the Author

Aswin Bahar Setiawan

Alumni Universitas Diponegoro yang suka sharing seputar kampus, pendidikan dan beasiswa.

View All Articles