Penulis Dengan latar belakang akademisi yang haus akan beasiswa, saya bisa rasakan betapa susahnya mendapat informasi beasiswa terbaru. Bahkan terkadang, saya baru menerima info beasiswa tersebut saat pendaftaran telah ditutup. Karenanya, saya ingin membantu pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan info beasiswa terbaru secepat mungkin. Baik info beasiswa dalam negeri ataupun luar negeri. Yang ditujukan ke SD, SMP, SMA, S1, S2, ataupun S3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Beasiswa Kursus Bahasa Korea

2 min read

beasiswa kursus bahasa korea

Beasiswa-id.net – Beasiswa kursus bahasa korea dibuka kembali tahun ini. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Korea Foundation yang ditujukan untuk masyarakat internasional, termasuk Indonesia. Program KF Fellowship for Korean Languange Training (KLT) tahun 2021 ini akan dilaksanakan di universitas yang ada di Korea (Korean Languange Institute) minimal 6 bulan dan seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara (Full Scholarship).

Sebelum membahas beasiswa KF Fellowship for Korean Languange Training lebih jauh, bagi yang berminat dengan beasiswa Stanford Amerika Serikat, berikut informasi pentingnya:

Baca Juga: Beasiswa Stanford Amerika Serikat

KF Fellowship for Korean Languange Training (KLT)

Beasiswa Kursus Bahasa Korea

Beasiswa kursus bahasa korea memiliki kuota sebanyak 40 orang dan akan dilaksanakan di Korean Languange Education Center di Sogang University, Seoul, Korea Selatan. Untuk durasi beasiswa ini yaitu minimal 6 bulan dan max 1 tahun. Program akan dimulai pada awal bulan Maret / September 2021. Jika peserta yang lolos dalam beasiswa ini memiliki nilai yang memuaskan maka durasi akan ditambah hingga 2 sampai 3 bulan lagi, namun maksimal tetap 1 tahun.

A. Fasilitas Bagi Penerima Beasiswa

Apa saja sih yang didapat jika lolos dalam beasiswa kursus bahasa korea ini? Berikut fasilitas yang akan didapat oleh penerima beasiswa:

  1. Bebas biaya perjalanan satu kali yang bernilai KRW 300.000 (sekitar 3,6 juta).
  2. Mendapat tunjangan hidup selama di Korea.
    – Untuk lulusan S1 yang memiliki gelar MA/BA akan mendapatkan tunjangan hidup sebesar KRW 1.000.000 (sekitar 12 juta).
    – Untuk yang memiliki gelar PhD akan mendapatkan tunjangan hidup sebesar KRW 1.200.000 (sekitar 14,5 juta).
  3. Mendapatkan asuransi untuk kesehatan dan kecelakaan.
  4. Gratis biaya pelatihan di institusi Korea.

B. Syarat Pendaftaran

  • Peserta yang bisa mendaftar beasiswa ini adalah mereka yang mengambil progam studi Korea (ilmu sosial, humaniora, dan budaya/seni) atau yang sedang terlibat dalam penelitian yang berkaitan dengan Korea, atau memiliki pekerjaan di bidang yang berkaitan dengan Korea, serta memenuhi salah satu profil berikut:
    – Merupakan seorang dosen / profesor / peneliti universitas yang sedang mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan Korea / sedang meneliti hal-hal yang berkaitan dengan Korea di universitas (pemerintah, nirlaba, atau milik pemerintah) / mereka yang mengajar bahasa Korea di lembaga pendidikan tinggi.
    – Meupakan pelajar Pascasarjana (PhD/Master) yang menempuh jurusan berbau Korea.
    – Mahasiswa minimal semester 5 yang sedang/telah mengambil jurusan Studi Korea atau bahasa Korea.
    – Profesional yang terlibat dalam aktivitas yang berkaitan dengan Korea pada bidang seni dan budaya.
    – Mantan Diplomat yang sudah menyelesaikan program KF Korean Language & Culture Program for Diplomats dan hendak mengambil lebih banyak kursus yang berfokus pada pelatihan bahasa.
  • Beasiswa tidak diberikan bagi peserta yang berasal dari warganegara Korea, telah maupun melakukan penelitian di universitas yang ada di Korea, / telah mendapatkan Beasiswa Korea Foundation dalam 2 tahun terakhir.
  • Pendaftar harus mengerti dan bisa berbahasa korea minimal level dasar.

C. Dokumen Aplikasi

Berikut berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa kursus bahasa korea:

  1. Salinan ijazah jenjang pendidikan terakhir. Sedangkan untuk lulusan S1 dan pascasarjana (yang belum lulus) dapat melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif (Certificate of enrollment) yang telah diterbitkan setelah 1 Mei 2020 serta transkrip nilai S1 dan S2.
  2. Formulir Pendaftaran Online: proposal dengan panjang 400 kata dalam Inggris/Korea, berisi alasan dan tujuan untuk mengikuti pelatihan bahasa Korea, kebutuhan kompetensi bahasa Korea dalam studi atau pekerjaan anda saat ini, dan rencana masa depan.
  3. 2 Surat Rekomendasi dari 2 orang yang berbeda (disubmit langsung oleh pemberi rekomendasi melalui sistem aplikasi online), yaitu:
    a. Kepala institusi
    – Bagi mahasiswa S1 dan pascasarjana diberikan oleh kepala jurusan, pembimbing tesis, dll
    – Bagi profesor, dosen atau profesional diberikan oleh kepala institusi tempat bekerja
    b. Instruktur/Pengajar bahasa Korea
    Surat rekomendasi ini diberikan oleh profesor/dosen resmi yang memiliki spesialisasi di bahasa Korea dan dapat mengevaluasi kemampuan bahasa Korea dari peserta.
  4. Bukti kemampuan dapat berbahasa Korea (lampirkan salah satu dari dokumen berikut):
    a. Sertifikat kemampuan bahasa Korea, misalnya TOPIK, KLPT (Korean Language Proficiency Test), dll.
    b. Transkrip nilai program bahasa universitas.
    c. Penghargaan resmi yang dapat membuktikan kemampuan bahasa Korea, seperti sertifikat penghargaaan Lomba Pidato Bahasa Korea yang diadakan oleh Kedubes Korea di RI.

D. Cara Mendaftar

  • Buat akun di webiste KF Online Application System, dengan cara klik Sign Up yang berada di kanan atas website.
  • Lalu lengkapi data yang dibutuhkan.
  • Setelah itu, login dengan akun yang telah dibuat tadi.
  • Buka web KF Online Application System, lalu klik tombol Apply.
  • Lengkapi formulir pendaftaran dan unggah berkas dokumen dalam bentuk scan.

E. Deadline

Kf Fellowship For Korean Languange Training Klt

Beasiswa ini dibuka sampai tanggal 31 Agustus 2020. Untuk pengumuman akan diberitahukan pada bulan Desember 2020 lewat email yang telah didaftarkan. Dan pelatihan akan dimulai pada Maret / September 2021.

F. Kontak Person

Jika ada yang ingin ditanyakan, hubungi kontak dibawah ini:

Sekian bahasan admin mengenai Beasiswa Kursus Bahasa Korea 2021 beserta fasilitas, syarat pendaftaran, cara daftar, deadline, dan kontak personnya. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media kami agar kalian tidak ketinggalan info beasiswa terbaru yang kami publikasikan tiap harinya. Berikut daftar sosial media resmi kami:

Penulis Dengan latar belakang akademisi yang haus akan beasiswa, saya bisa rasakan betapa susahnya mendapat informasi beasiswa terbaru. Bahkan terkadang, saya baru menerima info beasiswa tersebut saat pendaftaran telah ditutup. Karenanya, saya ingin membantu pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan info beasiswa terbaru secepat mungkin. Baik info beasiswa dalam negeri ataupun luar negeri. Yang ditujukan ke SD, SMP, SMA, S1, S2, ataupun S3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *