Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017/2018

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017-2018 ialah program beasiswa dari Pertamina Foundation yang diberikan untuk mahasiswa program sarjana S1. Program beasiswa yang sumber pendanaannya berasal dari CSR (Corporate Social Responsibility) PT Pertamina ini merupakan program lanjutan dari Beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Program Beasiswa PT Pertamina Foundation ini, terdiri dari tiga jenis beasiswa, yaitu :

  • Beasiswa Sobat Bumi Reguler
  • Beasiswa Sobat Bumi Khusus
  • Beasiswa Sobat Bumi Khusus Indonesia Timur.

Baca Juga : Beasiswa S1 S2 S3 Terbaru 2017/2018

 

Sasaran Beasiswa PT Pertamina 2017-2018

Program beasiswa S1 ini ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi mitra Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Sesuai namanya, program Beasiswa Sobat Bumi ini ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki jiwa cinta lingkungan.

Persyaratan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017-2018

Berikut akan kami tampilkan persyaratan beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017. Persyaratan beasiswa ini dibagi menjadi 2, yaitu persyaratan umum dan khusus.

  • Persyaratan Umum

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan fotokopi KTP, atau identitas sah lainnya.
  2. Merupakan mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi mitra Pertamina Foundation dibuktikan dengan fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).
  3. Merupakan mahasiswa yang duduk di semester 4, atau diatasnya.
  4. Batas IPK Sementara paling rendah adalah 3,00. Dibuktikan dengan fotokopi KHS (Kartu Hasil Studi) atau yang sejenisnya dari pihak yang berwenang (Dekan/Rektor).
  5. Tidak pernah terlibat dengan narkoba dan perbuatan kriminal lainnya, dibuktikan dengan surat pernyataan yang dibubuhi materai.
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran Online di laman resmi Pertamina Foundation (Beasiswa.PertaminaFoundation.org).
  7. Pendaftar beasiswa bersedia untuk menjalani seluruh seleksi yang diselenggarakan oleh pihak Pertamina Foundation.
  8. Melampirkan seluruh dokumen yang dibutuhkan.

Persyaratan Khusus

  1. Menulis kemudian mengirimkan karya tulis dalam bentuk essai. Ketentuan penulisan essai adalah :
  • Essai original buatan sendiri, dan bukan merupakan hasil plagiat.
  • Ditulis dengan jumlah tulisan 1200 hingga 1400 kata, jarak antar baris 1,5 spasi, dalam 4 halaman di kertas A4.
  • Membubuhkan minimal 2 foto kegiatan dalam Essai yang ditulis.
  • Tema Esaai berupa “Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku”. Adapun substansi yang ada pada essai tersebut harus mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal, kontribusi terhadap lingkungan, serta memiliki nilai tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  • Pendaftar bukan penerima beasiswa dari organisasi lain dibuktikan dengan fotokopi surat pernyataan terkait dari fakultas atau universitas yang berwenang.
  • Terlibat aktif di organisasi sosial atau lingkungan dibuktikan dengan fotokopi surat rekomendasi dari pengurus organisasi dan atau organisasi social kemasyarakatan tersebut.
  • Melampirkan surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan, bagi mahasiswa yang tidak mampu (optional).
  • Melampirkan fotokopi KK (Kartu Keluarga).

Baca Juga : Tips Mendaftar Beasiswa

Fasilitas Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Untuk fasilitas bagi mahasiswa yang menerima beasiswa pertamina sobat bumi ini, akan mendapatkan :

  • Bantuan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) maksimal Rp 5.000.000 per semester.
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp 500.000 per bulan.
  • Mendapat dukungan di kegiatan Aksi Sobat Bumi.
  • Mendapat Training Peningkatan Kapasitas yang dilakukan secara Reguler.

 

Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017-2018

Mekanisme seleksi pada Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dibagi menjadi tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi serta seleksi wawancara.

  • Tahap pertama : Seleksi Administrasi. Berupa seleksi kelengkapan serta validasi berkas pendaftar beasiswa Pertamina Fundation tim dari Pertamina Foundation. Berkas yang dinyatakan lulus seleksi ini akan diikut sertakan di tahap selanjutnya, yaitu tes substansi. Adapun bagi yang tidak lulus akan menerima pemberitahuan dari panitia.
  • Tahap Kedua : Seleksi Substansi. Di tahap ini, berkas yang dikirimkan, akan dilihat dan dinilai sesuai bobot penilaian yang telah ditetapkan Pertamina Foundation. Setelah berkas selesai dinilai, panitia akan meloloskan pendaftar yang memiliki bobot diatas yang ditetapkan oleh Pertamina Foundation. Kemudian akan diikutkan ke tahap terakhir yaitu seleksi wawancara.
  • Tahap Ketiga : Tes Wawancara. Di tahap ketiga ini, pendaftar akan diwawancarai dan berhadapan langsung dengan panitia yang terdiri dari empat unsur, yaitu perwakilan dari Pertamina Foundation, PT Pertamina, serta dari Perguruan Tinggi setempat. Pengumuman akhir akan dipublikasikan di laman resmi beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation (beasiswa.pertaminafoundation.org).

 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Pertamina Foundation

Jadwal pendaftaran beasiswa S1 ini dibuka tiap bulan Oktober hingga bulan November 2017.

Perguruan Tinggi Mitra Pertamina

Daftar PTN Mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Baca Juga : Beasiswa S1 Dalam Negeri 2017, atau Beasiswa S1 Luar Negeri 2017

Kesimpulan

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2017/2018 diperuntukkan untuk mahasiswa S1 di Universitas mitra Pertamina. Dengan persyaratan yang tak begitu rumit, penerima beasiswa Pertamina Foundation ini akan mendapatkan bantuan biaya SPP, serta bantuan biaya hidup.

Sekian dari beasiswa-id.net, mudah mudahan bagi adik adik yang ingin mendaftar dapat diterima semua, dan bisa menggapai cita cita yang diinginkan.

Comments (6)

  1. Prasetya 27/02/2017
  2. puputap 04/09/2017
    • Admin 05/09/2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!