Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016

Beasiswa-id.netBeasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016 mungkin terdengar asing bagi di sebagian kalangan mahasiswa. Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016 merupakan istilah dari beasiswa PPA dan Beasiswa BBM. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Baca Juga Pendaftaran Beasiswa PPA 2017/2018

Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016 merupakan istilah yang digunakan sejak 2012 untuk menggantikan istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang bagus.

Penerima beasiswa ini  harus memenuhi untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

  1. Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  2. Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
  3. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

Beasiswa atau bantuan biaya pendidikan PPA diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Mahasiswa tidak
berhak menerima apabila telah dinyatakan lulus.

Persyaratan lain untuk mendaftar Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016 adalah sebagai berikut

Diberikan kepada mahasiswa:

  1. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
  2. Diploma III, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
  3.  Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d. XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala/Sekolah).

 

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan berkas
sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;
  2.  Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) pada tingkat Nasional maupun Internasional.
  3. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;
  4. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  5. Fotokopi kartu keluarga.

Persyaratan khusus beasiswa ini adalah sebagai berikut

Untuk Beasiswa PPA calon penerima wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.

  1. Untuk Bantuan Biaya Pendidikan PPA: Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
    paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi;
  2. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha;
  3.  Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.

Demikian informasi Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016 atau beasiswa PPA dan beasiswa BBM. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi bagian akademik di kampus anda.

89 thoughts on “Beasiswa-PPA dan BBP-PPA 2015-2016

    1. Biasanya langsung diserahkan ke bagian Akademik tingkat fakultas, atau tingkat Universitas kak. Kalau di kampusnya admin, sudah dikoordinir oleh Himpunan Jurusan, jadi nanti dikasi ke himpunan, nanti himpunan yang menyerahkan ke bagian BAA tingkat fakultas. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

  1. Ass. Wr. Wb
    Apakah beasiswa ini hanya untuk yg kurang mampu aja atau bisa juga untuk yg berprestasi tapi bukan dari kalangan kurang mampu? TQ

  2. Mau nanya saya dpt beasiswa BBM dr semester 3 nah udh dua kali keluar , sekarang saya baru masuk semester 6 apakah masih dapat apa ngak?

    1. Sesuai yang dikutip dari laman resmi dirjen dikti, beasiswa BBM hanya berlaku 1 tahun. Artinya adik diharuskan mendaftar beasiswa bbm lagi untuk mendapat beasiswa

    1. Tentu berbeda, Beasiswa PPA lebih ditekankan kepada mahasiswa yang IP nya tinggi, sedangkan Beasiswa BBM lebih ditekankan kepada mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu. Untuk nominalnya, disamakan. Jadi kalau dek farah punya IP tinggi, lebih baik mendaftar ke PPA. Seperti itu
      Semoga membantu

      1. persyaratannya kan banyak versi min, klo yang bener untuk tahun 2017 itu gimana min?

  3. Saya mahasiswa ekstensi, tapi saya berasal dari keluarga tidak mampu. Dan saya punya surat keterangan tidak mampu
    Apa saya bisa menerima beasiswa ppa atau bbm?

  4. Assalamualaikum. Mau bertanya, kalau beasiswa yg periode januari-juni sudah cair, untuk mencairkan yang periode juli-desember harus menyerahkan persyaratan lagi atau tidak? Terimakasih

      1. Berarti kalau untuk format perpanjangan itu kalau misal tahun depan mau ikut lagi ya ?

  5. Jumlah beasiswa PPA itu brp ya kak? 2.100.00 dibayar per semester , atau 2.100.00 x 2 semester ? Saya kurang ngerti, jd totalnya 2.100.000 atau 4.200.000 ?

  6. Saya dapat beasiswa ini min,, dan sudah cair setengahnya baru baru ini,, tapi tahun ini saya pindah kampus ke kampus negeri min. Apa saya harus kembalikan beasiswanya? Atau itu msi jadi hak saya min?

  7. saya asal banjarmsin mau ikut beasiswa ini tapi masih bingung maksud dari mahasiswa harus mengajukan permohonan tertulis nya itu seperti apa, saya dari PTN islam

  8. saya seorang pns saya ingin punya keingginan bisa menempuh kuliah s2 tapi anggaran saya tidak saya miliki harap gaji sudah tidak mungkin dengan biayah hidup yang cukup mahal disini jadi saya mohon kalou bisa berisaya petunjuknya makasi

  9. Assalamualaikum
    saya mahasiswa politeknik negeri
    dikampus saya beasiswa PPA dan BBM sampai sekarang tidak jelas ada atau tidak.
    bg saya mohon abang menjelaskannya……

  10. Kak, tau info kapan cairnya dana bbp ppa? Dikampus jg nggak tau bagian kemahasiswaannya. Nyari info di fp jg nggak dibalas, tahun kemaren awal juni dan awal desember kak. Sekarang kok nggak on time ya kak ?

    1. Biasanya dua tahap, beasiswa untuk juli-desember biasanya ya sekitar bulan juni dan juli. berhubung saat ini mungkin masih suasana puasa.. mungkin pencairan abis lebaran hehehe

      1. Wkwkwk ya moga moga kak sebelum UAS udh cair amin, soalnya banyak isu yg katanya bbp ppa 2016 dihapuskan ??

      2. Ga kok, masih ada beasiswa BBP dan PPA 2016-2017. Kalo pun dihapus mungkin ganti nama. Kalo dulu waktu kuliah saya S1, namanya Beasiswa BBM dan PPA sekarang ganti dan mungkin kedepannya ganti nama lagi. Ia amin.. kalo cair sekarang.. abis tuk belanja lebaran hehehe

  11. kak kalo misal mau daftar beasiswa bbp-ppa tapi sebelumnya udah daftar beasiswa lain boleh gak? sebelumnya saya juga udah pernah dapet bbp-ppa taun sebelumnya karena ada rumor beasiswa ini tidak ada lagi jadi daftar beasiswa lain.

      1. kak mau tanya kalo udah daftar beasiswa lain boleh daftar beasiswa bbp-ppa gak? soalnya kemaren dari kampus bilangnya tidak ada beasiswa tersebut tapi tiba2 ada kabar kalo beasiswa tersebut ada.. tahun dulu saya jg pernah dapet

  12. Saya baru lulus S.Kep bulan Mei 2016 ini.
    Mau melanjutkan profesi Ners apakah ada beasiswa untuk profesi Ners?

  13. Apa kalo udh pernah dapet ppa tahun lalu tahun ini gak boleh dapat lagi ya? Apakah ketentuannya dr dikti spt itu? Atau itu aturan dr masing masing kampus?

    1. Sepengalaman saya dahulu, dikampus saya yang sudah menerima Beassiswa PPA dan BBM dapat mengajukan lagi namun dengan format perpanjangan beasiswa BBM dan PPA. Coba adik tanyakan ke pihak kampusnya bagaimana kebijakan kampus

    1. Tidak dek… seperti pengalaman yang pernah saya terima dahulu dan informasi dari web resmi pemerintah beasiswa BBM dan PPA hanya memberikan bantuan dana saja

  14. bagaimana kalau di kampus tersebut tidak tahu mengenai beasiswa itu,karena aya sudah pernah tanya k bag.kehemahasiswaan,kaprodi bahkan dekan

  15. Mulai pendaftaran Beasiswa PPA dan BBM tepatnya kapan ya ?dan berakhir pendaftaranya kapan ?
    Trimakasih

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.