Beasiswa Undip 2018-2019

Beasiswa-id.net- Kali ini kita akan membahas daftar Beasiswa Undip 2018-2019 yang terdapat pada Universitas Diponegoro. Pasti anda sudah mengetahui dong Universitas Diponegoro atau yang sering dikenal dengan Undip ini. Undip adalah sebuah Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

 

Universitas Diponegoro

Fakultas dan Jurusan di UNDIP

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 Fakultas dan satu program pasca sarjana, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 49 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Budaya[1]
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Sains dan Matematika
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Peternakan dan Pertanian
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Psikologi
  • Program Pasca Sarjana

Undip memberikan berbagai jenis Beasiswa Undip 2018-2019. Mahasiswa yang menjadi sasaran Beasiswa Undip 2018-2019 adalah mereka yang berasal dari keluarga dengan sosial ekonomi terbatas,berprestasi,yang duduk sebagai mahasiswa aktif pada semester I sampai dengan VI bagi mahasiswa Program S0 dan semester I sampai dengan VIII bagi mahasiswa Program S1. Nah, untuk melihat daftar beasiswa undip ini, silahkan melihat dibawah.

Untuk memperoleh beasiswa di Universitas Diponegoro atau Beasiswa Undip 2018-2019 harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan  Beasiswa Undip 2018-2019 tersebut adalah sebagai berikut :

PERSYARATAN UMUM Beasiswa Undip 2018-2019

  1. Terdaftar secara aktif sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro dan tidak atau sedang menjalani cuti atau skorsing akademik.
  2. Berasal dari keluarga kurang mampu ekonomi dengan bukti yang akurat.
  3. Membuat surat permohonan secara tertulis ditujukan kepada Rektor Universitas Diponegoro melalui Fakultas masing-masing.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa atau keringanan SPP.
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Menyerahkan Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
  7. Menyerahkan foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Keluarga (KK)
  8. Mengisi formulir beasiswa yang disediakan oleh donor (apabila ada)
  9. Mengisi formulir permohonan beasiswa yang diterbitkan oleh Universitas.
  10. Mengirimkan laporan kemajuan belajar (KHS, Transkrip) pada akhir semester
  11. Membuat tulisan (essay) apabila diminta dari sumber pemberi beasiswa
  12. Melampirkan nomor rekening/KTM yang masih aktif atau nomor rekening lain dan nomor telpon/HP sesuai yang diminta oleh sumber pemberi beasiswa
  13. Surat Keterangan Dokter Bebas Narkoba bila diminta oleh sumber pemberi beasiswa

PERSYARATAN KHUSUS Beasiswa Undip 2018-2019

Persyaratan khusus untuk beasiswa sangat bervariasi tergantung pada pemberi beasiswa. Persyaratan tersebut antara lain :

  1. STTB dan nilai UAN SMU / sederajad (untuk Mahasiswa Semester I)
  2. Foto copy rapor kelas III (Beasiswa BMU)
  3. Pas foto
  4. Rekomendasi Rektor
  5. Kartu hasil studi 2 semester terakhir, bukan transkrip
  6. Minimal semester
  7. Minimal IPK
  8. Minimal SKS
  9. SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )
  10. Berbahasa Inggris baik
  11. Lulus test wawancara dan psikotest

Untuk Mengetahui Jenis Beasiswa Undip 2018-2019 apa saja, silahkan ke halaman berikutnya.

22 thoughts on “Beasiswa Undip 2018-2019

    1. Kakak bisa masuk dulu ke Undip, nanti setelah masuk, akan ada yang nawarin beasiswa kok, terutama dari Bagian Akademik di Himpunan Jurusan kakak nantinya. Yang penting, kakak fokus dulu agar bisa masuk dan diterima di undip yah 🙂 Jangan khawatir, di undip banyak sekali penyedia beasiswa kok

  1. Mas mau tanya..saya mahasiswa unissula jurusan akuntansi tapi baru semester 2.. Misal saya mau pindah ke undip cara dapat beasiswa nya gimana ya mas..
    Trm ksh

    1. Ada banyak beasiswa di undip, untuk mendapatkannya, adik bisa mengikuti sbmptn atau um di undip. Dan setelah adik diterima, pada semester 2, adik bisa langsung ke BAA untuk menanyakan beasiswa serta prosedurnya. Mudahnya, setelah adik diterima, adik bisa bertanya pada Himpunan Jurusan bagian kesejahteraan mahasiswa (boleh lewat OA Himpunan) karena setau saya info beasiswa untuk jurusan, pihak himpunan yang akan membantu adik untuk mendaftarkannya. Semoga berhasil, sampai ketemu di undip 🙂

    1. tentu ada, tapi untuk Universitas Diponegoro sepertinya belum menyediakan beasiswa tahfidz. Alternatifnya, adik bisa mendaftar di Unnes, disana disediakan beasiswa tahfidz

  2. Min buat kedokteran bisa? dan saya ini berasal dari keluarga yang cukup mampu tetapi tanggungan ortu saya besar karena jumlah adik saya 5 orang ditambah saya ingin enjadi dokter, apaakah bisa mengikuti beasiswa ini?

  3. mayu tanya boleh tidak saya masih sma kalau nanti mau kuliah cara dapat beasiswa bagaimana apa pakai nilai rapot ya mohon tipsnya

  4. Mas sya lulusan s1 administrasi publik, ingin lanjutin s2 untuk dosen. Kasih info dong soal beasiswa s2 yg bisa jd dosen. Trmksh

  5. Mas, saya baru lulus kuliah s1. Mau lanjut s2 tersandung dibiaya, ada rekom jalur beasiswa untuk saya ga mas? Beasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi ya mas..
    Terimakasih ?

  6. bisa tolong share tips agar lolos seleksi beasiswanya mas admin? soalnya sekarang saya baru mengajukan beasiswa s2 dari dirjen dikdas, makasih…..

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.