Beasiswa-id.net | Buat kalian yang ingin kuliah S1, S2, dan S3 gratis, bisa banget daftar program beasiswa Unggulan 2020. Program beasiswa ini merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan masalah pendidikan. Buat teman teman yang ingin mendapatkan bantuan uang bulanan, bisa benget daftar program ini.

Tiap tahunnya, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selalu membuka program BU (Beasiswa Unggulan). Ohya, artikel ini admin buat secara mendetail tentang beasiswa dari Kemendikbud yah. Buat teman teman yang mau langsung lompat pembahasan ke program intinya, bisa banget jump ke sini atau bisa klik link daftar isi berikut:

Mengenal Beasiswa Kemendikbud

Apa itu Beasiswa Unggulan?

Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2020/2021 untuk Mahasiswa Berprestasi dan Dosen
Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2020/2021 untuk Mahasiswa Berprestasi dan Dosen

Beasiswa unggulan adalah salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah. Tentu saja pemerintah tidak asal mengeluarkan salah satu bentuk dukungan bagi mereka yang kekurangan dana. Visi dari beasiswa program unggulan yang diterapkan oleh Pemerintah ini adalah untuk melahirkan insane cerdas dan kompetitif. Kemudian bisa berkontribusi kepada daya saing bangsa. Beasiswa program unggulan ini pun dikemas sangat baik. Tidak hanya mereka yang ingin mengenyam pendidikan di strata 1, ternyata bagi S2 dan S3 pun diberikan beasiswa.

Hal tersebut dilakukan pemerintah agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan serta melanjutkan pendidikan setinggi tingginya. Dibawah ini kita akan bahas lebih lanjut bagaimana beasiswa itu diberikan, dan apa saja bentuk beasiswa nya.

1. Siapa Pengelolanya?

Talkshow saat Peresmian Beasiswa Unggulan oleh Kemendikbud melalui Dikti
Talkshow saat Peresmian Beasiswa Unggulan oleh Kemendikbud melalui Dikti

Seperti halnya beasiswa Luwu Timur, program ini didanai langsung oleh pemerintah. Bedanya, Beasiswa Lutim dibiayai melalui Pemkab, sedangkan untuk program beasiswa Unggulan ini, didanai langsung oleh Pemerintah Pusat. Sebelum masuk ke pembagian beasiswa sesuai jenjangnya serta cara pendaftarannya maka anda perlu tau siapa sebenarnya yang mengelola. Kamu pasti mengenal tentang Kemendiknas, Dikti dan Kemendikbud. Kemendiknas atau Kementrian Pendidikan Nasional, kemudian Dikti yaitu Pendidikan Tinggi dan Kemendikbud yang adalah Kementrian Pendidikan dan Budaya. Ternyata pengelola dari beasiswa program unggulan ialah Dikti. Dikti bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Namun, tentu saja Dikti bekerja sama dengan yang lainnya agar program ini dapat dijalankan dengan sangat baik. Beasiswa kuliah 2020 yang sudah sejak lama diprogramkan Dikti ini menjadi pencarian utama bagi mereka yang membutuhkan.

2. Daftar Program Beasiswa yang Disediakan Kemendikbud

Program Beasiswa dari Kemendikbud 2020/2021 yaitu Beasiswa Mapres Beasiswa Pegawai dan Mahasiswa Asing
Program Beasiswa dari Kemendikbud 2020/2021 yaitu Beasiswa Mapres Beasiswa Pegawai dan Mahasiswa Asing

Program beasiswa Unggulan merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud. Sasaran penerima program ini yaitu Pegawai Kemendikbud, Mahasiswa Asing, serta Masyarakat Berprestasi. Bagi kamu yang ternyata Pegawai Negeri Sipil Kemendikbud Pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah maka kamu bisa mendaftar beasiswa unggulan untuk Pegawai.

a. Program Mapres Kemendikbud

Lalu jika kamu seorang guru kemudian ingin melanjutkan pendidikan mu maka kamu bisa mengikuti beasiswa program unggulan Masyarakat berprestasi atau Mapres. Sedangkan bagi Mahasiswa Asing bisa menerima program beasiswa unggulan seperti beasiswa KNB Dikti dan beasiswa Kementrian Luar Negeri. Beasiswa unggulan kemendikbud 2018 bagi pegawai berupa Biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku dan biaya penelitian.

Kemudian Beasiswa Kemendikbud 2018 bagi mahasiswa Asing mendapatkan beasiswa full bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Indonesia. Selanjutnya ada beasiswa unggulan kemendiknas yang merupakan program dari kemendikbud ini ternyata berperan banyak bagi mereka yang membutuhkan. Andai saja program ini tidak ada, maka akan sangat sulit sekali untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Padahal kita harus terus bersaing dengan banyak orang.

b. Program Unggulan Dosen

Beasiswa unggulan dosen Indonesia atau sering disingkat dengan BUDI ini adalah salah satu program Unggulan Pemerintah. Hal ini diupayakan dengan tujuan meningkatkan kualifikasi akademik pendidikan di Perguruan Tinggi. Program beasiswa ini ditujukan bagi semua dosen Indonesia tetap di Lingkungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dalam hal ini dosen yang akam melanjutkan studi S3 di dalam negeri lah yang berhak menerima.

Biasanya, BUDI memberikan batas kuota penerima beasiswa hingga 500 orang dari berbagai bidang studi. Tahap dari pendistribusian ini adalah sebagai berikut :

  • Penentuan jumlah dosen yang masih berpendidikan S2 berdasarkan Homebase program studi.
  • Analisis pareto untuk menentukan dan mengurutkan secara menurun jumlah dosen yang masih berpendidikan S2 berdasarkan HOMEBASE program studi.
  • Menetapkan distribusi kuota per bidang studi dengan memperhatikan proporsinya masing masing.
  • Mendistribusikan kuota bidang studi ke PPs penyelenggara berdasarkan status akreditasinya baik akreditasi Institusi maupun program Studi.

Dosen berpendidikan S2 berdasarkan HOMEBASE program studi ada sekitar 135.342 orang dari 807 Program Studi baik jenjang D3/D4/S1.

Beasiswa Unggulan 2020

Udah yah basa basinya, kali ini kita akan fokus pada pendaftaran beasiswa Unggulan. Kabar baiknya, saat ini Pemerintah Indonesia telah membuka pendaftaran untuk periode 2020/2021. Adapun sasaran penerima program ini yaitu mahasiswa berprestasi atau mahasiswa yang berkontribusi besar bagi masyarakat. Berikut detailnya:

A. Fasilitas

Berikut daftar fasilitas yang akan kamu dapatkan jika menjadi penerima beasiswa:

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan bulanan

B. Syarat Umum

Untuk menjadi penerima program beasiswa dalam negeri ini, kamu perlu lolos persyaratan umum dan khusus. Berikut daftar persyaratan umum:

  1. Telah menjadi mahasiswa di PTN/PTS yang terakreditasi.
  2. Bukan penerima program beasiswa dari pihak lain.
  3. Memiliki surat rekomendasi dari institusi terkait.
  4. Diutamakan bagi mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik atau non-akademik.

C. Syarat Khusus

Tiap jenjang perkuliahan menyertakan syarat yang berbeda. Berikut syarat pendaftaran khusus berdasarkan tiap jenjang pendidikan:

1. Jenjang Sarjana (S1)

  1. Usia tidak lebih dari 22 tahun.
  2. Bagi mahasiswa baru, menyertakan nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
  3. Bagi mahasiswa lama (semester 3), batas IPK yaitu 3,25 (skala 4,00).
  4. Menyertakan essay dengan ketentuan:
    a. Tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.
    b. Format Penulisan: 3 – 5 halaman A4, font: Times New Roman, size: 12, space: 1.5 lines.

2. Jenjang Magister (S2)

  1. Usia tidak lebih dari 32 tahun.
  2. Telah diterima sebagai mahasiswa oleh PTN/PTS dengan akreditasi (minimal) B. Pendaftar wajib menyertakan Surat Keterangan Lulus/LoA Unconditional ATAU surat Keterangan Aktif Kuliah dari Dekan.
  3. Lulus gelar Sarjana (S1) dengan IPK minimal 3,25 (skala 4,00).
  4. Menyertakan proposal rencana studi dan penelitian desertasi.
  5. Diutamakan bagi mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dibuktikan dengan skor TOEFL ITP (minimal: 500), iBT (minimal: 61), atau IELTS (minimal: 5,5).

3. Jenjang Doktor (S3)

  1. Usia tidak lebih dari 40 tahun.
  2. Telah diterima sebagai mahasiswa oleh PTN/PTS dengan akreditasi (minimal) B. Pendaftar wajib menyertakan Surat Keterangan Lulus/LoA Unconditional ATAU surat Keterangan Aktif Kuliah dari Dekan.
  3. Lulus gelar Magister (S2) dengan IPK minimal 3,40 (skala 4,00).
  4. Menyertakan proposal rencana studi dan penelitian thesis.
  5. Diutamakan bagi mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dibuktikan dengan skor TOEFL ITP (minimal: 500), iBT (minimal: 61), atau IELTS (minimal: 5,5).

D. Berkas dan Dokumen yang Diperlukan

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan beberapa berkas pendaftaran. Kemendikbud membuka pendaftaran secara online, sehingga kamu perlu menyiapkan berkas pendaftaran dalam bentuk Soft File. Berikut daftar berkas dan dokumen yang kamu butuhkan untuk mendaftar:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) bagi mahasiswa on-going.
  3. KHS (Kartu Hasil Studi) bagi mahasiswa on-going.
  4. Surat Keterangan Aktif Kuliah bagi mahasiswa On-Going, atau LoA Unconditional bagi mahasiswa baru.
  5. Ijazah dan transkrip nilai lengkap apda jenjang sebelumnya.
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (bagi pendaftar S1, sifatnya optional).
  7. Sertifikat prestasi (minimal tingkat kabupaten/kota)
  8. Menyertakan proposal studi yang berisi rencana kuliah, tema penelitian tugas akhir, serta implementasi hasil studi bagi kehidupan masyarakat)
  9. Melampirkan surat rekomendasi dari kampus/institusi (Download Format).
  10. Melampirkan surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (Download Format).
  11. Membuat Essay berbahasa Indonesia dengan tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”. Panjang tulisan: 3 – 5 halaman. Ukuran kertas: A4, Font: Times New Roman, Size: 12, space: 1.5.

E. Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan

Bagaimana? tertarik mendaftar program beasiswa S1, S2, dan S3 ini? jika iya, simak langkah pendaftaran berikut:

  1. Pertama, baca FAQ terlebih dahulu melalui alamat berikut.
  2. Selanjutnya. buat akun baru pada website pendaftaran melalui link berikut.
  3. Kemudian, verivikasi melalui email yang telah kamu daftarkan.
  4. Lalu, login menggunakan akun tersebut melalui link berikut.
  5. Selanjutnya, kamu harus melengkapi form pendaftaran, data pribadi, keluarga, pendidikan, dll dengan data yang benar.
  6. Tunggu hingga proses seleksi berkas selesai.

Pengumuman penerima beasiswa, akan dipublikasikan melalui website pendaftaran serta email milikmu. Bagi peserta yang lolos, wajib mengisi form untuk pencairan dana pendidikan.

F. Deadline Beasiswa Dalam Negeri

Kemendikbud membuka pendaftaran beasiswa Unggulan 2020/2021 hingga tanggal 3 Oktober 2020.

G. Kontak Person

Info lengkap mengenai pendaftaran beasiswa S3, S2, dan S1 ini bisa langsung bertanya melalui:

  • Telepon: (021) 57 111 44 (ext. 3301)
  • Email: beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id
  • Alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gedung C Lantai 13 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan – Jakarta, 10270

Kesimpulan

Buat teman teman yang ingin mendapatkan pendanaan saat kuliah, program beasiswa Unggulan merupakan pilihan yang tepat. Saat ini, pendaftaran online bisa kamu ikuti hingga tanggal 3 Oktober 2020.

Sekian bahasan admin mengenai Beasiswa Unggulan 2020/2021 dari Kemendikbud RI. Beserta fasilitas, syarat pendaftaran, cara daftar, deadline, dan kontak personnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media kami agar kalian tidak ketinggalan info beasiswa terbaru yang kami publikasikan tiap harinya. Berikut daftar sosial media resmi kami:

About the Author

Aswin Bahar Setiawan

Alumni Universitas Diponegoro yang suka sharing seputar kampus, pendidikan dan beasiswa.

View All Articles