Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree : Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2018/2019 untuk Mahasiswa Berprestasi, dan Dosen

Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree : Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2018/2019 untuk Mahasiswa Berprestasi, dan Dosen akan admin akan kupas kali ini. Pendidikan adalah masalah yang paling penting bagi banyak orang. Berjuang sekuat tenaga untuk bisa menempuh jenjang pendidikan yaitu kuliah. Kuliah gratis dan dibiayai penuh oleh suatu intansi menjadi impian banyak orang. Terkadang, masalah dana menjadi hambatan bagi mereka yang kekurangan. Padahal tentu saja pendidikan dibutuhkan bagi banyak orang. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali anak anak putus sekolah atau hanya berakhir di jenjang SMA. Lalu bagaimana solusi dari masalah yang satu ini?

Tentu saja, setiap masalah punya solusi. Salah satu solusi yang ditawarkan yaitu dalam bentuk Beasiswa. Ada banyak sekali beasiswa yang bisa diterima yang disertai dengan beberapa persyaratan. Seperti salah satu contohnya yaitu beasiswa kemendikbud unggulan ini. Eits, mungkin banyak yang bertanya apa itu beasiswa unggulan. Untuk itu dibawah ini akan diungkap dengan jelas mengenai info lengkap beasiswa unggulan 2018. Tentu saja info beasiswa 2018 untuk mahasiswa ini disertai dengan situs resminya.

 

Beasiswa Unggulan

Apa itu Beasiswa Unggulan?

Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2018 2019 untuk Mahasiswa Berprestasi dan Dosen
Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2018 2019 untuk Mahasiswa Berprestasi dan Dosen

Beasiswa unggulan adalah salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah. Tentu saja pemerintah tidak asal mengeluarkan salah satu bentuk dukungan bagi mereka yang kekurangan dana. Visi dari beasiswa program unggulan yang diterapkan oleh Pemerintah ini adalah untuk melahirkan insane cerdas dan kompetitif. Kemudian bisa berkontribusi kepada daya saing bangsa. Beasiswa program unggulan ini pun dikemas sangat baik. Tidak hanya mereka yang ingin mengenyam pendidikan di strata 1, ternyata bagi S2 dan S3 pun diberikan beasiswa.

Hal tersebut dilakukan pemerintah agar semua masyarakat Indonesia bisa merasakan serta melanjutkan pendidikan setinggi tingginya. Dibawah ini kita akan bahas lebih lanjut bagaimana beasiswa itu diberikan, dan apa saja bentuk beasiswa nya.

Siapa Pengelola Beasiswa Unggulan? Kemendiknas, Dikti atau Kemendikbud?

Talkshow saat Peresmian Beasiswa Unggulan oleh Kemendikbud melalui Dikti
Talkshow saat Peresmian Beasiswa Unggulan oleh Kemendikbud melalui Dikti

Seperti halnya beasiswa Kaltim Cemerlang dan Beasiswa Gerbang Raja, Beasiswa Unggulan dikelola oleh pemerintah. Sebelum masuk ke pembagian beasiswa sesuai jenjangnya serta cara pendaftarannya maka anda perlu tau siapa sebenarnya yang mengelola. Kamu pasti mengenal tentang Kemendiknas, Dikti dan Kemendikbud. Kemendiknas atau Kementrian Pendidikan Nasional, kemudian Dikti yaitu Pendidikan Tinggi dan Kemendikbud yang adalah Kementrian Pendidikan dan Budaya. Ternyata pengelola dari beasiswa program unggulan ialah Dikti. Dikti bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Namun, tentu saja Dikti bekerja sama dengan yang lainnya agar program ini dapat dijalankan dengan sangat baik. Beasiswa kuliah 2018 yang sudah sejak lama diprogramkan Dikti ini menjadi pencarian utama bagi mereka yang membutuhkan. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana beasiswa unggulan dikti 2018 tersebut? Beasiswa dikti 2018 ternyata terus berlangsung setiap tahun. Dan setiap tahun itu pula ada banyak sekali mahasiswa yang diterima dari berbagai Universitas.

Program Beasiswa yang Disediakan Kemendikbud

Program Beasiswa dari Kemendikbud 2018 2019 yaitu Beasiswa Mapres Beasiswa Pegawai dan Mahasiswa Asing
Program Beasiswa dari Kemendikbud 2018 2019 yaitu Beasiswa Mapres Beasiswa Pegawai dan Mahasiswa Asing

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa dikti, kemendikbud dan kemendiknas bekerja sama untuk mewujudkan program beasiswa unggulan ini. Beasiswa yang dirancang dan disiapkan dengan sangat baik ini dapat diterima oleh mereka Pegawai Kemendikbud, Mahasiswa Asing  dan Mapres atau Masyarakat Berprestasi. Bagi kamu yang ternyata Pegawai Negeri Sipil Kemendikbud Pusat dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah maka kamu bisa mendaftar beasiswa unggulan untuk Pegawai.

Program Beasiswa Mapres Kemendikbud

Lalu jika kamu seorang guru kemudian ingin melanjutkan pendidikan mu maka kamu bisa mengikuti beasiswa program unggulan Masyarakat berprestasi atau Mapres. Sedangkan bagi Mahasiswa Asing bisa menerima program beasiswa unggulan seperti beasiswa KNB Dikti dan beasiswa Kementrian Luar Negeri. Beasiswa unggulan kemendikbud 2018 bagi pegawai berupa Biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku dan biaya penelitian. Akan lebih dijelaskan dibagian 1.3.

Kemudian Beasiswa Kemendikbud 2018 bagi mahasiswa Asing mendapatkan beasiswa full bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Indonesia. Selanjutnya ada beasiswa unggulan kemendiknas yang merupakan program dari kemendikbud ini ternyata berperan banyak bagi mereka yang membutuhkan. Andai saja program ini tidak ada, maka akan sangat sulit sekali untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Padahal kita harus terus bersaing dengan banyak orang.

Penjelasan Singkat Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia

Beasiswa unggulan dosen Indonesia atau sering disingkat dengan BUDI ini adalah salah satu program Unggulan Pemerintah. Hal ini diupayakan dengan tujuan meningkatkan kualifikasi akademik pendidikan di Perguruan Tinggi. Program beasiswa ini ditujukan bagi semua dosen Indonesia tetap di Lingkungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dalam hal ini dosen yang akam melanjutkan studi S3 di dalam negeri lah yang berhak menerima.

Kuota yang diberikan untuk BUDI adalah sebanyak 500 orang. Dan hal ini akan didistribusikan ke program studi yang sekiranya masih kekurangan dosen pengajar berpendidikan S3. Tahap dari pendistribusian ini adalah sebagai berikut :

  • Penentuan jumlah dosen yang masih berpendidikan S2 berdasarkan Homebase program studi dengan memanfaatkan data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)
  • Analisis pareto untuk menentukan dan mengurutkan secara menurun jumlah dosen yang masih berpendidikan S2 berdasarkan HOMEBASE program studi
  • Menetapkan distribusi kuota per bidang studi dengan memperhatikan proporsinya masing masing
  • Mendistribusikan kuota bidang studi ke PPs penyelenggara berdasarkan status akreditasinya baik akreditasi Institusi maupun program Studi.

Jika kamu dari tadi kebingungan soal Homebase pada tahap pendistribusian, maka disini akan sedikit dijelaskan maksudnya. Dosen berpendidikan S2 berdasarkan HOMEBASE program studi ada sekitar 135.342 orang. Mereka tersebar di 807 Program Studi baik dijenjang Diploma maupun Strata 1. Maka aka nada 36 bidang studi yang berhak dijadikan kandidat penerima kuota beasiswa ini.

Penjelasan Singkat Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa unggulan masyarakat berprestasi 2018 atau Mapres adalah beasiswa yang ditujukan bagi orang orang yang mempunyai prestasi. Prestasi tersebut pun tidak asal asal. Maka program beasiswa ini bisa dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu Degree dan non-Degree. Dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

 

Beasiswa Unggulan 2018

Persyaratan beasiswa unggulan 2018 bagi penerima Degree dan Non-Degree tentu saja berbeda. Berikut bahasan lebih lanjutnya:

Syarat Beasiswa Unggulan untuk Degree

Syarat Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2018 2019 untuk S1 S2 dan S3
Syarat Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2018 2019 untuk S1 S2 dan S3

Syarat beasiswa unggulan 2018 Degree adalah mereka yang menerima Medali atau penghargaan Olimpiade Internasional. Beberapa bidang yang berhak adalah : sains, penelitian ilmiah, keterampilan, seni, olah raga, dan bahasa. Dimana fasilitas yang diterima datangnya dari Kemendikbud atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selain itu Beasiswa Unggulan Degree ini juga ditujukan bagi masyarakat berprestasi yang mengikuti kompetisi tingkat nasional di segala bidang dan umum kecuali dosen. Dan tentu saja ini berlaku hanya beasiswa S1 dalam negeri dan jenjang lainnya yang juga dalam negeri.

Persyaratan Beasiswa Unggulan S1

Beasiswa S1 unggulan Degree mempunyai persyaratan yang harus disiapkan. Beberapa persyaratan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Usia maksimal pendaftar adalah 22 tahun.
  2. Memiliki LoA unconditional atau yang dimaksud dengan akreditasi Universitas pendaftar minimal adalah B.
  3. Ada sedikit perbedaan persyaratan pendaftar program beasiswa S1 bagi mahasiswa lama yaitu sebagai berikut :
  • Pendaftar beasiswa S1 2018 maksimal sedang mengikuti perkuliahan semester 3
  • IPK bagi pendaftar program beasiswa 2018 S1 PTN adalah 3.00 sedangkan PTS 3.25

 

Persyaratan Beasiswa Unggulan S2
Mahasiswa Baru

Selanjutnya info beasiswa S2 2018 menjadi perhatian masyarakat. Persyaratan beasiswa unggulan S2 2018 bagi mahasiswa baru adalah :

  1. Maksimal berusia 32 tahun
  2. Status akreditasi Universitas pendaftar minimal B.
  3. IPK dari pendaftar beasiswa pascasarjana ini yaitu PTN 3.25 dan PTS 3.50
  4. Skor TOEFL ITP yaitu 500/IBT 61 dan IELTS yaitu 5.5
Mahasiswa yang Sedang Kuliah

Sedangkan bagi mahasiswa yang sedang kuliah yaitu :

  1. Maksimal 32 tahun
  2. Semester yang ditempuh maksimal semester 3
  3. IPK yang diterima di S1 pada PTN 3.25 dan PTS 3.50
  4. Skor TOEFL ITP adalah 500/IBT 61, sedangkan skor IELTS 5.5

 

Persyaratan Beasiswa Unggulan 2018 untuk S3

Untuk Beasiswa S3, berikut syarat pendaftar beasiswa unggulan 2018 jenjang S3:

  • Mahasiswa Baru
  • Maksimal usia pendaftar 37 tahun
  • Akreditasi Universitas minimal B
  • IPK pada S2 bagi mahasiswa PTN 3.25 dan PTS 3.50
  • Skor TOEFL ITP 500/IBT 61, dan IELTS 5.5
  • Mahasiswa On-Going
  • Berusia maksimal 37 tahun
  • Sedang menempuh perkuliahan maksimal semester 3
  • IPK yang diterima PTN 3.25 dan PTS 3.50
  • Skor TOEFL ITP 500/IBT 61 dan IELTS 5.5

 

Berkas Beasiswa Unggulan Program Degree

Bagi pendaftar beasiswa unggulan Degree harus melengkapi beberapa kelengkapan Berkas dibawah ini :

  • KTP
  • KTM bagi mahasiswa yang aktif kuliah
  • KHS (Kartu Hasil Studi) terakhir bagi mahasiswa yang sedang menempuh kuliah
  • Ijazah dan transkip nilai terakhir
  • Sertifikat bukti TOEFL dan IELTS. Bagi mahasiswa S1 tidak diwajibkan.
  • Proposal rencana studi
  • Surat rekomendasi dari Fakultas
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa
  • Sertifikat prestasi baik nasional maupun internasional
  • Menulis Essay menggunakan bahasa Indonesia dengan judul “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”

 

Syarat Beasiswa Unggulan Non Degree

Ternyata beasiswa tidak hanya dipertunjukkan bagi mereka mahasiswa, Beasiswa Unggulan Non-Degree ini salah satunya. Beasiswa ini ditujukan bagi guru atau tenaga kependidikan yang berada di tingkat PAUD sampai SMA/SMK. Bukan hanya itu, bagi mereka pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial berhak menerima beasiswa ini. Namun, lagi lagi dosen tidak berhak menerima program beasiswa yang satu ini. Syarat pun diberlakukan bagi pendaftar beasiswa ini. Berikut syaratnya :

  • Membuat surat permohonan kepada kepala BPKLN
  • Membuat daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae)
  • Adanya surat undangan dari penyelenggara
  • Materi atau bahan atau proposal yang relevan dengan penyelenggara kegiatan.
  • Menulis Essay minimal 500 kata
  • Membuat usulan rincian biaya

 

Waktu Pendaftaran dan Jadwal Seleksi Beasiswa Unggulan

Waktu Pendaftaran dan Jadwal Seleksi Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru
Waktu Pendaftaran dan Jadwal Seleksi Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru

Waktu dan seleksi dari beasiswa unggulan Degree ini ada dua gelombang atau Batch.

Batch 1 :

Pendaftaraan15 Februari – 15 April 2018
Seleksi Administrasi dan Wawancara16 April – 10 Mei 2018
Pengumuman12 Mei 2018

 

Batch 2 :

Pendaftaraan1 Juni – 31 Juli 2018
Seleksi Administrasi1 Agustus – 31 Agustus 2018
Pengumuman1 September 2018

 

Bagi pendaftar Beasiswa Unggulan Non-Degree tidak terikat pada jadwal atau waktu seleksi batch 1 dan batch 2.

 

Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan

  • Bagi pendaftar program beasiswa unggulan Degree bisa melakukan pendaftaran di buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  • Pendaftar harus melengkapi seluruh berkas dan syarat yang sudah ditentukan diatas.
  • Setelah mendaftar dan kemudian melengkapi berkas maka dikirimkan kealamat yang sudah dilampirkan dan yang seperti tertera diatas.
  • Kemudian melakukan seleksi sesuai jadwal yaitu Seleksi Administrasi dan akan dilakukan wawancara beasiswa unggulan. Ketika pendaftar dinyatakan lulus maka berhak menerima beasiswa.

Namun, bagi pendaftar beasiswa unggulan Non-Degree maka bisa mendafar dengan mengirimkan seluruh dokumen persyaratan kepada :

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Gedung C Lantai 7 Jalan Jenderal Sudirman,

Senayan, Jakarta, 10270

 

Situs Resmi Beasiswa Unggulan Depdiknas

Karena maraknya situs palsu yang menginformasikan pendaftaran beasiswa unggulan ini, maka sebaiknya kamu perhatikan dengan baik baik situs resmi yang dilampirkan. Jangan sampai kamu tertipu dengan pungutan biaya yang situs palsu lakukan. Berikut ini situs resmi beasiswa unggulan depdiknas yaitu buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

 

Kesimpulan

Nah, sekarang bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tidak perlu bingung lagi mencari dana. Cukup dengan men-aply atau ikut salah satu pendaftaran beasiswa 2018 ini sudah bisa membantu kamu. Tentunya beasiswa universitas lainnya bisa juga membantu kamu. Kamu perlu mencari informasi sebanyak mungkin agar tidak ketinggalan untuk daftar beasiswa 2018. Artikel ini ditujukan untuk menambah informasi bagi kamu yang mencari beasiswa.

 

4 thoughts on “Info Beasiswa Unggulan untuk S1 S2 S3 dan Non Degree : Persyaratan Penerimaan Program Kemendikbud 2018/2019 untuk Mahasiswa Berprestasi, dan Dosen

  1. Maaf mbak mau tanya, yang untuk pegawai itu hanya diperuntukkan bagi pegawai kemdibuk saja ya? K/L lain tidak bisa ya misalkan kemenkeu?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.