Penulis Dengan latar belakang akademisi yang haus akan beasiswa, saya bisa rasakan betapa susahnya mendapat informasi beasiswa terbaru. Bahkan terkadang, saya baru menerima info beasiswa tersebut saat pendaftaran telah ditutup. Karenanya, saya ingin membantu pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan info beasiswa terbaru secepat mungkin. Baik info beasiswa dalam negeri ataupun luar negeri. Yang ditujukan ke SD, SMP, SMA, S1, S2, ataupun S3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jurusan di STIN 2020: Tes Masuk, Cara Pendaftaran & Alamat Kampus

3 min read

Jurusan Di Stin 2020 Tes Masuk, Cara Pendaftaran & Alamat Kampus

Jurusan di STIN menarik untuk dibahas. Tentu saja karena PTN kedinasan ini dikelola langsung oleh BIN (Badan Intelijen Negara). STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara di tahun 2020 ini memiliki banyak peminat. Lokasi kampusnya terletak di Bogor, Jawa Barat. Nah, di artikel ini, admin akan membahas mengenai pendaftaran stin, fakultas, jurusan dan prodinya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), ada info menarik tentang list PTN & PTS terbaik di Jawa Barat nih. Link artikelnya admin sertakan di bawah paragraf ini yah:

Baca juga : Daftar PTN & PTS Terbaik di Jawa Barat

Mengenal Sekolah Kedinasan STIN

A. Lokasi dan Alamat STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau yang kerap dikenal STIN ini merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Alamat STIN berada di sekitar daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di Sumur Batu, Babakan Madang, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Kampus STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) didirikan pada tahun 2004 dan memiliki moto “Cendekia Waskita“.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara didirikan pada tahun 2004

B. Fakultas & Jurusan di STIN 2020

Tampak Gedung Perkuliahan Berbagai Jurusan Di Stin (sekolah Tinggi Intelijen Negara)
Tampak Gedung Perkuliahan Berbagai Jurusan Di Stin (sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) hanya memiliki 2 jurusan. Lalu apa saja daftar STIN jurusan STIN yang ada di STIN? Berikut lengkap daftar jurusan di STIN dan akreditasi STIN :

  1. Jurusan Agen di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  2. Analis Intelijen Negara

STIN hanya memiliki 2 jurusan, yaitu Agen, dan Analis Intelijen Negara

C. Tes Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Biasanya, tes masuk STIN itu selalu sama tiap tahunnya. Untuk tahun ajaran 2019/2020 lalu, pendaftarannya bersamaan dengan kampus kedinasan lain. Nah, berikut admin sertakan tes yang harus dilakukan saat masuk STAN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) :

1. Tes Administrasi

Apa aja sih yang dilakukan pada tes ini ? Berikut lengkapnya :

  • Surat ijin dari Orang Tua/Wali
  • Salinan atau fotokopi raport yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Surat keterangan berbadan sehat serta tidak buta warna dari RSUD/Puskesmas
  • Surat keterangan bebas dari NARKOBA dari RSUD
  • SKCK dari Kepolisian setempat
  • Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan
  • Satu buah foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, bagi putra latar belakang berwarna merah dan bagi putri latar berwarna belakang biru
  • Fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir
  • Daftar Riwayat Hidup secara singkat
  • Fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) bagi peserta yang sedang kuliah di PTN
  • Semua berkas tersebut dimasukan dalam map warna merah untuk (putra) dan biru untuk (putri)
  • Calon peserta bisa memilih jadwal dan tempat seleksi dengan menuliskan pada kiri atas amplop

Baca Juga: Mengenal POLTEK Furnitur, Kampus GRATIS yang Dikelola Langsung Oleh Kementrian Perindustrian RI

2. TPA (Tes Potensi Akademik)

Siapa sih yang tidak tahu dengan TPA ini ? Yaaaa sekumpulan soal – soal pilihan ganda dimana soal – soal tersebut berisi tentang pertanyaan ringan atau soal cerita bahkan campuran dari Bahasa Indonesia dan Matematika.

3. Psikotest

Tes Masuk, Cara Pendaftaran Serta Alamat Kampus Sekolah Tinggi Intelijen Negara
Tes Masuk, Cara Pendaftaran Serta Alamat Kampus Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Psikotest dalam ujian masuk STIN, dapat berupa :

  1. Menggambar
  2. Tes Koran
  3. Melanjutkan gambar
  4. Menguji ingatan

4. Tes Kesehatan Jiwa

Pada test ini, peserta akan disuruh memilih 2 pilihan yaitu ya dan tidak dari beberapa pertanyaan yang telah diajukan. Jumlah pertanyaan berkisar 100 butir pertanyaan. Biasanya tes ini dilakusanakan pada satu hari penuh. Yang mana TPA,TEST PSIKOTEST, dan TEST KESEHATAN JIWA akan dilaksanakan dalam waktu berdekatan. Lalu dari hasil tes tersebut, akan disaring orang – orang yang telah memenui kriteria. Jika orang tersebut dinyatakan lulus, maka akan melanjutkan ke tes berikutnya.

5. Tes Kesehatan

Kesehatan juga perlu di tes loh di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) ini. Apa aja sih tes kesehatan di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) ini ? Berikut tes kesehatannya :

  1. Foto Rontgen dada (Foto Toraksi),
  2. Rekam jantung (EKG),
  3. Tes Mata,
  4. Tes Urin.

6. Tes Kesamaptaan

Apa sih tes kesamaptaan ? Berikut tesnya:

  1. Push Up
  2. Lari 12 Menit
  3. Pull Up
  4. Sit Up
  5. Shuttle Run (Lari 8 angka)

7. Tes Wawancara

Tes wawancara ini kalian akan ditanyai seputar diri kalian sendiri, keluarga, hobi, dan semua hal yang menyangkut tentang diri kalian sendiri.

8. Pentukhir

Tes terakhir yaitu pantukhir atau tes kelayakan. Jadi misal STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) hanya memiliki kuota sebanyak 25, namun dari semua tes ada 30 orang yang lulus. Maka akan dirangking berdasarkan nilai terbaik yang mana 5 terbawah akan disisihkan.

D. Cara Masuk STIN

Alur Pendaftaran Serta Cara Mendaftar Di Kampus Kedinasan Stin Sekolah Tinggi Intelijen Negara Tahun 2019 Lalu
Alur Pendaftaran Serta Cara Mendaftar Di Kampus Kedinasan Stin Sekolah Tinggi Intelijen Negara Tahun 2019 Lalu

Untuk pendaftaran STIN tahun 2020/2021 sendiri hingga artikel ini diupdate (07/04/2020), belum dibuka. Namun jika dilihat dari pendaftaran mahasiswa baru di periode lalu, kurang lebih seperti gambar di atas yah. Jadi usahakan mulai sekarang untuk mencicil belajar ujian tulisnya. Biar nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Setiap tahunnya STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) menjaring mahasiswa akan dilaksanakan pada bulan Mei. Tim penjaring mahasiswa baru dari STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) akan hadir di beberapa kota tertentu yang dituju. Calon mahasiswa dari kota lain selain kota yang dituju tim penyeleksi dapat mengikuti seleksi di kota yang terdekat, dengan biaya pribadi.

Sedangkan untuk mengikuti seleksi STIN ini tidak di pungut biaya apapun, hanya harus mendapat rekomendasi tertulis dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.

Kelengkapan administasi yang harus disiapkan untuk mengikuti seleksi calon mahasiswa baru STIN, berikut cara masuk STIN:

  1. Fotocopy rapor kelas 10, 11, 12 (di-scan dan kirimkan ke alamat email registrasi@stin.ac.id) dan aslinya untuk verifikasi (diserahkan apabila sudah ada panggilan resmi).
  2. Fotocopy Ijasah akhir (di-scan dan kirimkan ke alamat email registrasi@stin.ac.id).
  3. Surat izin dari orang tua (bermaterai cukup) untuk mengikuti pendidikan STIN dan karir selanjutnya.
  4. Surat Bebas Narkoba dari institusi yang berwenang (di-scan dan kirimkan ke alamat email registrasi@stin.ac.id).
  5. Surat kesehatan tidak cacat jasmani, tidak cacat rohani,dan tidak buta warna dari institusi yang berwenang (di-scan dan kirimkan ke alamat email registrasi@stin.ac.id).
  6. Memenuhi tingkat kebugaran standar umum (test fisik ketika mendapat panggilan resmi).
  7. Surat Rekomendasi dari kepala sekolah yang bersangkutan (di scan dan kirimkan ke alamat email registrasi@stin.ac.id).
  8. Pas foto digital berwarna terbaru, warna latar belakang merah ukuran 4×6.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah Gratis di AKMET (Akademi Metrologi dan Instrumentasi) – Kampus yang Dikelola oleh Kementrian Perdagangan RI

E. Syarat Umum Masuk STIN

Persyaratan masuk STIN Umum berikut harus kamu penuhi. Syarat masuk STIN umum untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru STIN adalah:

  1. Berminat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  2. Lulus Ujian Nasional.
  3. Masuk dalam ranking 10 besar umum di sekolahnya, nilai rata-rata 8 di buku rapor masing-masing di kelas 10, 11 dan 12, dari semua jurusan, dan direkomendasikan secara tertulis dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  4. Sehat fisik dan psikis, dengan tinggi badan untuk pria minimal 165 cm, dan untuk wanita 155 cm, dengan berat badan dan penampilan ideal.
  5. Mempunyai bakat atau minat dibidang olahraga bela diri, serta mampu menggunakan komputer.
  6. Bebas narkoba dengan surat keterangan dari Rumah Sakit POLRI, Rumah Sakit TNI, dan Rumah Sakit daerah setempat yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan surat keterangan dimaksud.

Cukup sekian informasi yang dapat admin berikan, jangan lupa share, dan semoga bermanfaat 🙂

Penulis Dengan latar belakang akademisi yang haus akan beasiswa, saya bisa rasakan betapa susahnya mendapat informasi beasiswa terbaru. Bahkan terkadang, saya baru menerima info beasiswa tersebut saat pendaftaran telah ditutup. Karenanya, saya ingin membantu pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan info beasiswa terbaru secepat mungkin. Baik info beasiswa dalam negeri ataupun luar negeri. Yang ditujukan ke SD, SMP, SMA, S1, S2, ataupun S3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.