Beasiswa Astra 2017 2018 untuk S1 S2 dan S3 di Indonesia

Beasiswa Astra 2017 2018 ini merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Toyota Astra (YTA) bagi mahasiswa S1, S2 maupun S3. Beasiswa toyota astra pun dibagi menjadi beberapa program yaitu beasiswa reguler S1, beasiswa tesis dan desertasi, serta beasiswa kegiatan ilmiah mahasiswa. Dengan 3 program beasiswa astra toyota tersebut, YTA mengharapkan mampu turut andil dalam memajukan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan.

Mengenal Yayasan Toyota Astra (YTA)

Yayasan Toyota Astra didirikan oleh PT Toyota Astra Motor bersama dengan PT Astra International Tbk di tahun 1974 lalu. Dengan visi utama berupa ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyediaan bantuan dana ini telah banyak membantu pembiayaan riset, pengembangan sains dan teknologi, terutama dalam teknologi otomotif. Hingga saat ini, YTA telah membantu pembiayaan dana pendidikan melalui program beasiswa dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tak hanya itu, melalui program beasiswa astra toyota 2017, Yayasan Astra ini juga telah membantu mencetak banyak Master dan Doktor di berbagai bidang. Di tahun 2017/2018 selain membuka beasiswa astra untuk lulusan SMA ini, YTA juga telah membuka lowongan pendaftaran beasiswa astra terbaru untuk menjalankan misi pendidikannya. Berikut akan diulas mengenai program beasiswa yang saat ini dibuka oeh Yayasan Toyota Astra.

Beasiswa Astra 2017 2018 untuk S1 S2 S3

Beasiswa Astra 2017 2018 untuk S1 S2 S3

Program Beasiswa Astra 2017 2018

A. Beasiswa Reguler S1 dari Yayasan Toyota Astra

Beasiswa S1 Toyota Astra diselenggarakan oleh YTA dalam rangka turut andil terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Di tahun 2017/2018 ini, YTA telah mengumumkan bahwa penerima beasiswa untuk S1 ialah sebanyak 550 orang mahasiswa yang berasal dari 34 Perguruan Tinggi mitra Astra di seluruh Indonesia. Dengan bantuan biaya perbulannya mencapai 250.000 rupiah, panitia mengharapkan penerima beasiswa nantinya tidak lagi terhambat ataupun terlambat dalam membiayai kuliah yang sedang ditempuh.

Persyaratan Beasiswa Toyota Astra 2017 untuk S1

Syarat pendaftaran beasiswa astra toyota yang harus dipenuhi oleh pendaftar mahasiswa S1 ialah sebagai berikut.

  1. Merupakan warga negara Indonesia yang duduk di bangku Strata 1 (S1).
  2. Pendaftar mengambil salah satu dari 4 bidang studi berikut : Studi Teknik (Jurusan Arsitek, Elektro, Industri, Kimia, Lingkungan, Mesin, Teknologi Informasi/Teknik Informatika, Sipil), Studi MIPA, Studi Pertanian, atau Studi Kehutanan dan Perikanan.
  3. Pendaftar duduk di semester V atau VII pada Tahun ajaran ini (t/a 2017/2018).
  4. Minimal Indeks Prestasi pendaftar ialah 3,00 (IPK Sementara).
  5. Pendaftar bukan merupakan pekerja tetap serta bukan penerima beasiswa dari pihak lain.
  6. Permohonan beasiswa diajukan secara kolektif melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan tingkat Universitas dengan deadline tanggal 30 September 2017.

Pengumuman penerima beasiswa toyota astra akan diserahkan kepada masing masing Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan di tiap Perguruan Tinggi. Bagi penerima beasiswa wajib untuk melaporkan Indeks Prestasi tiap semesternya yang diajukan secara kolektif melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang bertujuan untuk bahan evaluasi Yayasan Toyota dan Astra.

Baca Juga : Beasiswa Kedokteran Umum dan Gigi dari Pemkot Balikpapan

B. Beasiswa Penelitian Thesis dan Disertasi bagi Mahasiswa Pascasarjana

Program beasiswa tesis dan desertasi ini merupakan bantuan yang tak mengikat untuk dosen (staf pengajar) Universitas Negeri diseluruh Indonesia atau staf  LIPI/BPPT (Lembaga Penelitian) milik Pemerintah yang sedang atau akan melakukan penelitian Thesis atau Disertasi di Program Pascasarjana Universitas Negeri di Indonesia. Program beasiswa tesis desertasi ini dikeluarkan oleh panitia hingga 10.000.000 rupiah bagi penerima yang telah lolos seleksi.

Persyaratan Beasiswa Astra Toyota 2017/2018

  1. Merupakan staf pengajar Universitas Negeri atau staf Lembaga Penelitian milik Pemerintah (LIPI/BPPT) yang sedang melanjutkan studi di program pascasarjana (S2 atau S3) di Universitas Negeri di Indonesia.
  2. Memiliki Indeks Prestasi minimum 3,50 bagi Program S2 maupun S3.
  3. Bidang studi penelitian dititik beratkan pada Bidang Teknik (diutamakan bidang Teknologi Otomotif) dan Pelestarian Lingkungan Hidup.
  4. Mengisi formulir asli dari Yayasan Toyota dan Astra.
  5. Melampirkan rekomendasi dari Rektor Universitas asal.
  6. Melampirkan rekomendasi dari Direktur/Dekan Program Pascasarjana dan Promotor.
  7. Melampirkan fotocopy Proposal Penelitian yang berisi jadwal kegiatan, perincian dana, dan daftar pustaka.
  8. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari lembaga/instansi lain.
  9. Berkas/formulir yang sudah dikirimkan ke pihak YTA tidak dapat diminta kembali dan menjadi milik YTA.
  10. Apabila dalam waktu 3 (tiga) bulan tidak mendapatkan balasan dari YTA, berarti permohonan tidak dikabulkan.

Periode Pendaftaran Beasiswa Toyota Astra untuk S2 dan S3

Formulir asli bisa didapatkan setelah pelamar mengajukan permohonan ke YTA dengan melampirkan persyaratan poin 1, 2, dan 3 di atas untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Pemberian dana bantuan akan diberikan dalam dua periode:

  1. Periode bulan Januari ~ Juni, dana diberikan pada bulan Juni.
  2. Periode bulan Juli ~ Desember, dana diberikan pada bulan Desember.

Baca Juga : Beasiswa Tesis dan Desertasi LPDP

C. Bantuan Kegiatan Ilmiah Mahasiswa Tahun 2017 – 2018

Program ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Yayasan Toyota dan Astra kepada Himpunan Mahasiswa yang sedang menggali dan mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk Seminar, Simposium, Kongres, dan Pameran yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuni. Diharapkan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut, dapat tercipta ide/gagasan baru serta memperkaya khasanah ilmu bagi bidang studi yang ditekuni.

Persyaratan Beasiswa Astra untuk Kegiatan Ilmiah

Dana bantuan ini hanya ditujukan kepada Himpunan Mahasiswa dengan persyaratan sebagai berikut:

 

  • Seminar atau Kegiatan Ilmiah
  • Dikelola oleh Himpunan Mahasiswa
  • Kegiatan tersebut mendapatkan persetujuan Dekan dan Purek/Pudir
  • Tidak bertujuan komersial

 

D. Bantuan Penelitian Teknologi Tahun 2017 – 2018

Program ini merupakan bantuan dana proyek penelitian di bidang teknologi yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Kampus, atau Unit Proyek Penelitian Mahasiswa. Khususnya pada bidang Teknologi Otomotif, Mekanik, Kelistrikan, Komputer dan Rekayasa, serta Kedirgantaraan.

Persyaratan Beasiswa Penelitian dari Astra Toyota Motor

 

  • Proyek penelitian ilmiah non-komersial yang bersifat penelitian atau pengembangan teknologi.
  • Dikelola oleh Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Kampus.
  • Rekomendasi dari Rektor/Direktur atau Pimpinan Lembaga yang kompeten.

Kesimpulan

Beasiswa Astra 2017 ini telah dibuka oleh panitia dengan 4 program beasiswa, yaitu beasiswa S1, beasiswa tesis desertasi, beasiswa karya ilmiah, serta beasiswa penelitian teknologi. Dengan biaya yang tergolong lumayan, beasiswa ini dapat dijadikan referensi untuk mendaftar. Untuk info lebih lengkap mengenai beasiswa astra toyota 2017 ini dapat ditanyakan langsung melalui biro akademik di masing masing universitas mitra Astra.

Leave a Reply

error: Content is protected !!